3 Resep Makanan Khas Bandung, Pilih dan Coba Sendiri

Bicara soal Bandung, rasanya tak lengkap jika tak membicarakan kuliner khasnya yang selalu istimewa itu. Bagaimanapun, selain terkenal dengan pariwisatanya yang terus berkembang, Bandung juga terkenal dengan berbagai masakan khasnya, mulai dari masakan untuk makan berat hingga sekadar camilan yang ramai dijual di jalan-jalan. Sebut saja cimol. Cara membuat cimol mulanya juga ditemukan di Bandung, lho! Nah, kamu yang ingin membuat cimol, klik tautan berikut dan temukan resepnya: https://review.bukalapak.com/food/resep-cimol-satu-ini-gurih-dan-enaknya-pasti-bikin-ketagihan-26308.

Tentu, selain cimol, Bandung masih menyimpan banyak makanan khas lainnya. Buat kamu yang penasaran, yuk simak 4 resep makanan khas Bandung berikut ini. Jangan lupa juga untuk praktik membuatnya sendiri, ya.

1. Batagor Bandung

Bahan. Siapkan 150 gram tepung tapioka, 100 gram tepung terigu, 2 siung bawang putih untuk dihaluskan, garam dan merica bubuk secukupnya, 1 butir telur, 5 potong tahu, serta ½ sendok teh soda kue.

Cara Membuat. Pertama, hancurkan tahu, namun jangan terlalu halus. Jika sudah, campurkan dengan tepung terigu, telur, tepung tapioka, garam, bawang, dan merica. Aduk semuanya hingga rata. Selanjutnya, larutkan bubuk soda kue menggunakan air, lalu masukkan ke dalam campuran tadi. Aduk rata, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, ambil setengah sendok makan adonan, goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Sajikan batagor yang telah digoreng bersama saus sambal, kecap, jeruk limo, dan tentu saja kacang tumbuk.

2. Seblak Khas Bandung

Bahan. Siapkan 50 gram kerupuk kanji mentah, 1 butir telur ayam, 1 batang seledri dan irisan daun bawang, garam dan penyedap rasa secukupnya, 1 sdm kecap manis, 3 buah cabai rawit, 2 buah bawang merah dan 1 siung bawang putih, serta 2 ruas jari kencur.

Cara Membuat. Rendam kerupuk kanji dalam air panas sampai mengembang, tiriskan, beri sedikit minyak goreng agar masing-masing kerupuk tidak saling menempel dan lengket. Ulek halus cabai, bawang merah, bawang putih, serta kencur. Tumis hasil ulekan, tambahkan irisan daun bawang dan seledri, kemudian aduk hingga rata. Masukkan kerupuk ke dalamnya, aduk kembali. Tambahkan telur yang telah dikocok, aduk seperti halnya sedang membuat telur orak-arik. Tambahkan sedikit air, garam, serta penyedap rasa. Aduk rata, kemudian tunggu hingga air dalam wajan hampir habis. Jika sudah, tuang seblak pada piring saji. Nikmati bersama taburan bawang goreng di atasnya.

3. Soto Bandung

Bahan. Siapkan ½ kg daging sapi, 2 liter air, 2 batang serai dan 2 cm jahe yang dimemarkan, ½ sdm garam, 1 blok kaldu sapi, 1 sdt gula pasir, serta 2 sdm minyak untuk menumis. Untuk membuat bumbu halus, siapkan 7 buah bawang merah, 3 hingga 4 siung bawang putih, dan 1 sdt merica bubuk.

Bahan Pelengkap. Siapkan irisan lobak rebus, irisan seledri, kacang kedelai goreng, bawang goreng, serta jeruk nipis dan kecap manis secukupnya.

Cara Membuat. Rebuslah daging dengan air di atas api kecil hingga matang. Angkat, kemudian potong dadu. Saring kaldunya, tambahkan air, kemudian rebus kembali hingga mendidih. Selanjutnya, panaskan minyak dan tumis bumbu halus, serai, lengkuas, serta jahe. Tuangkan tumis bumbu ke dalam rebusan daging. Masak daging hingga empuk. Masukkan garam, kaldu sapi, serta gula pasir. Aduk hingga rata. Setelah matang, sajikan kuah dengan pahan pelengkap. Sempurnakan sajian dengan sambal ekstra pedas supaya makin mantap.

Sumber gambar: TempatNongkrongAsik, Pakejmurahlawatanbandung, KatalogKuliner

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *