4 Alasan Mengapa Gaya Hidup Minimalis Bisa Membuat Kaya dan Bahagia

Di era sekarang ini, tren gaya hidup minimalis tengah marak digemari oleh banyak orang. Bahkan, pendiri media sosial raksasa Facebook, yakni Mark Zuckerberg saja jika diamati memiliki gaya hidup yang sederhana. Bagi yang belum tahu, gaya hidup dengan istilah minimalisme ini merupakan kebalikan dari gaya hidup materialisme yang mewah dan serba berlebihan.

4 Alasan Mengapa Gaya Hidup Minimalis Bisa Membuat Kaya dan Bahagia

Menariknya lagi, gaya hidup ini sudah lama diterapkan oleh warga negara Jepang. Tak heran jika gaya hidup ini lebih dikenal dengan ‘gaya hidup minimalis  Jepang’. Lantas, apa pentingnya menerapkan gaya hidup semacam ini dalam kehidupan sehari-hari? Simak ulasan menarik berikut ini.

Fokus kepada kebutuhan

Mengurangi hasrat untuk membeli suatu barang berarti menambah uang yang bisa Anda tabung di akhir bulan. Prinsip ini sangat sederhana dilakukan jika Anda benar-benar ingin gaya hidup minimalis, hanya saja bagi beberapa orang masih lebih mementingkan gengsi daripada kebutuhannya. Bahkan ada yang rela melewatkan sarapan dan makan siang agar uangnya makannya bisa digunakan menyantap makan malam di restoran mewah. Ada pula yang rela berutang jutaan rupiah demi memperindah penampilannya. Tinggalkanlah pola pikir seperti ini dan fokuslah untuk memenuhi apa yang Anda butuhkan saja. Dengan demikian, uang bulanan Anda pasti lebih banyak tersisa.

Jangan mengejar gengsi semata

Banyak dari kaum urban yang tinggal di perkotaan masih mementingkan gengsi hanya untuk mendapatkan pengakuan orang lain. Hal inilah yang kerap kali membuat Anda terobsesi membeli barang-barang mewah yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Seperti belum merasa keren jika tidak memiliki gadget terbaru, sepatu atau tas mewah dan bahkan kendaraan merek tertentu. Nyatanya hal materialistis semacam ini bukanlah ukuran kebahagiaan karena dengan mengesampingkan gengsi, maka Anda bisa hidup jauh lebih damai. Selain itu, Anda juga bisa terbebas dari tuntutan mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Terapkah one in – one out

Trik ini paling ampuh dalam menerapkan gaya hidup minimalis karena akan memaksa Anda lebih disiplin dalam membeli barang. Belilah barang di saat Anda memang membutuhkan barang tersebut, bukan untuk memenuhi hasrat semu belaka dengan menerapkan strategi one in – on out”. Misalnya ketika Anda ingin membeli baju baru, maka Anda harus berkomitmen untuk mengeluarkan satu baju dari lemari. Prinsip ini juga harus Anda berlakukan untuk barang lainnya, seperti tas, sepatu dan furniture sehingga Anda bisa terdorong melihat barang sesuai fungsi dan memutuskan untuk beli atau tidak berdasarkan kebutuhan riil.

Jangan remehkan recehan

Selam ini, mungkin Anda tidak menghiraukan recehan yang banyak bergelatakan di rumah. Mulai sekarang, hentikan kebiasaan tersebut dan mulailah membuat satu tempat atau wadah khusus untuk menampung uang recehan yang Anda temukan di rumah. Kelak Anda akan terkejut ketika uang recehan yang Anda kumpulkan itu bisa memiliki nilai tinggi dan digunakan untuk keperluan lain, seperti membayar parkir atau memberi tips pada orang yang berjasa pada Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *