4 Bahan Makanan Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

Sering kali ibu merasa capek jika harus memasak kembali untuk makan malam, sehingga memilih langsung memasak dalam jumlah besar sehingga tinggal memanaskan lagi setiap kali akan makan. Namun tahukah Anda, ternyata ada bahan makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

Hal ini ternyata tidak disadari oleh banyak ibu-ibu, bahkan oleh orang tua. Kenapa ada makanan yang tidak boleh di panaskan kembali? Karena ini akan menyebabkan racun, menghilangkan kandungan protein dan mineral sehingga hanya akan mengkonsumsi sampah dalam tubuh.

4 Bahan Makanan yang Tidak Diperbolehkan Dipanaskan Kembali

4 Bahan Makanan Tidak Boleh Dipanaskan Kembali
4 Bahan Makanan Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

Bayam

Ini menu makanan yang sudah banyak diketahui, dimana bayam hanya boleh di masak satu kali tanpa dipanaskan. Selain karena daunnya sudah layu dan tidak enak di konsumsi, ternyata ada kandungan racun berbayahaya.

Ini merupakan senyawa nitrat yang awalnya memberikan manfaat baik untuk tubuh, namun setelah dipanaskan kembali, bisa berubah menjadi nitrit dan berubah menjadi senyawa beracun. Selain itu, terdapat pula karsinogenik yang akan merusak sistem tubuh.

Brokoli

Masih dalam satu sayuran hijau, ternyata brokoli termasuk sayuran yang tidak boleh dipanaskan kembali. Pasalnya mengandung senyawa beracun dan membahayakan kesehatan, selain itu jika masakan dengan kandungan brokoli dipanaskan kembali, maka akan memicu aktifnya sel kanker.

Selain itu, tekstur brokoli juga akan rusak. Ini sama saja seperti konsumsi makanan sampah, karena hanya akan masuk ke mulut dan terjun di sistem pencernaan tanpa bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, bahkan rasanya lebih pahit dan terasa lembek.

Jamur

Jangan salah mengira, orang mengalami keracunan karena konsumsi jamur yang salah. Ini memang bisa terjadi, namun kini sudah dipisahkan mana jamur yang baik di konsumsi dan mana jamur beracun. Namun kenapa masih mengalami gangguan setelah konsumsi jamur.

Hal ini karena jamur termasuk dalam bahan makanan yang tidak dipanaskan kembali, ini akan membuat gangguan pada sistem pencernaan hingga menyebabkan sakit perut. Bagaimana jika menu makanan jamur masih tersisa banyak, lebih baik langsung di makan dalam kondisi dingin saja.

Daging Ayam

Inilah kesalahan banyak ibu yang sering kali memanaskan menu makanan dengan daging ayam sebagai tokoh utama. Memang ayam akan jadi alternatif daging untuk memasak makanan bersantan selain daging, namun ternyata tidak bagus jika memanaskan kembali ayam.

Jika memang membuat menu makanan berkuah dengan santan dan dalam jumlah besar, masih bisa dipanaskan, asalkan menggunakan api kecil saja. Ini untuk menjaga kandungan protein hewani dalam ayam tetap terjaga, sehingga tidak hanya konsumsi makanan sampah yang sulit di cerna dalam tubuh.

Anda tentu terkejut melihat daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali, namun harus perhatikan menu makanan lain yang merupakan sayuran hijau. Jangan sampai makanan yang masuk dalam perut, tidak memberikan khasiat apapun dan hanya membuat sakit di bagian pencernaan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *