4 Penyebab Bruntusan di Wajah Yang Harus Anda Atasi

Bruntusan atau biasa kita sebut dengan jerawat kecil-kecil yang muncul di wajah memang sangat mengganggu penampilan. Salah satu spot paling sering munculnya bruntusan adalah di bagian dahi. Jerawat memang merupakan salah satu masalah wajah yang paling umum dialami oleh pria ataupun wanita. Jerawat sendiri juga mempunyai banyak sekali jenis dan macam penyebab dan juga bagaimana cara mengatasinya. Salah satu masalah jerawat yang mungkin bikin kamu kesal adalah jerawat kecil-kecil atau yang biasa disebut juga dengan bruntusan. Terutama jika kemunculannya di bagian dahi yang merupakan bagian kulit wajah yang biasanya tidak terlalu sensitif. Ternyata ini penyebab bruntusan pada wajah atau di dahi:

  1. Stres

Salah satu alasan pertama munculnya bruntusan di dahi atau penyebab bruntusan di wajah adalah stres. Meskipun stres berasal dari pikiran, tapi stres sangat berpengaruh pada tubuh kamu lho, ladies. Tidak heran jika stres menjadi salah satu alasan munculnya bruntusan di dahi. Bahkan jika tidak segera mengatasinya, stres juga bisa menyebabkan kamu mendapat gangguan tubuh yang lainnya.

  1. Faktor genetik

Bruntusan mungkin bisa muncul dimana saja, tapi kenapa bruntusanmu lebih sering muncul di dahi? Faktor genetik bisa menjadi salah satu alasannya. Orang yang memiliki wajah yang cenderung berjerawat maka keturunannya akan memiliki 80% peluang berjerawat juga, sedangkan untuk yang tidak berjerawat makan keturunannya hanya memiliki peluang 50% saja.

  1. Faktor hormonal

Meningatnya hormon testosteron hingga berlebihan ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan di dahi. Kelebihan hormon testosteron akan merangsang kelenjar minyak memproduksi sebum berlebih sehingga memicu timbulnya bruntusan.

  1. Pemakaian helm atau topi

Helm atau topi juga memiliki kontak langsung dengan dahimu sehingga memungkinkan datangnya bakteri yang dapa menyebabkan bruntusan. Jadi, lebih baik kamu menghindari pemakaian topi ya ketika muncul bruntusan di dahi. Kamu juga harus memastikan kebersihan helm sebelum memakainya, jika naik ojek online jangan ragu untuk meminta pelindung kepala agar kepalamu tetap terjaga kebersihannya.

Lantas apa skincare untuk wajah bruntusan? Mari kita simak beberapa rekomendasi berikut ini:

  1. Shiseido Black Mask

Produk keluaran Jepang ini ampuh untuk mengangkat komedo dan kulit mati di wajah. Shiseido Black Mask termasuk item yang paling difavoritkan di berbagai negara Asia karena efeknya yang dapat mengangkat blackhead dan whitehead dengan sempurna ketika maskernya dilepas. Shiseido Black Mask mengandung kolagen dan mineral tinggi yang berasal dari lumpur Laut Mati yang dapat menutrisi kulit dan menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat. Selain itu, berfungsi sebagai anti toksin yang dapat mengangkat zat jahat yang menempel di kulit. Kulit akan sehat, bersih, dan bebas bruntusan.

  1. Wardah Pure Olive Oil

Aromanya segar dan efektif untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran di wajah. Bahkan, makeup yang sifatnya waterproof mudah diatasi dengan oil ini. Soalnya, bruntusan kadang disebabkan oleh sisa makeup yang masih ada di wajah alias wajah belum sepenuhnya bersih. Efeknya, kulit menjadi bersih namun tidak kesat, dan ada rasa lembap dan kenyal pada wajah. Bahkan, manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan oleh wajah. Jika dioleskan pada kulit bagian tubuh lainnya pun, oil ini cepat meresap membuat kulit lebih kenyal.

  1. GOODAL Black Charcoal Mask

Bentuknya lembaran jadi, mudah diaplikasikan. Mengandung oksigen tingkat tinggi, sehingga bisa menghidrasi kulit wajahmu dengan baik, dan membuat permukaan kulit menjadi lebih halus serta kenyal. Terdapat juga gelembung mikro yang halus untuk membersihkan pori tersumbat dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulitmu menjadi lebih bersih, lembut, serta menghilangkan bruntusan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *