5 Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki Anak Kost

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Pepatah tersebut menjadi motivasi bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan, terutama jika Anda seorang anak kost yang jauh dari jangkauan orang tua. Keseharian yang dituntut harus mandiri, baik dalam menjaga diri maupun lingkungan sekitar perlu Anda pahami. Di zaman modern saat ini, segala hal sulit bisa menjadi mudah, salah satunya perihal kebersihan. Anda bisa saja menyewa jasa asisten bersih-bersih untuk membersihkan kamar kost Anda, namun Anda juga bisa melakukannya sendiri. Anda hanya perlu mempersiapkan alat kebersihan yang simple dan praktis untuk membantu Anda membereskan kamar, antara lain.

5 Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki Anak Kost

  • Sapu

Alat kebersihan yang satu ini wajib Anda miliki untuk mempermudah membersihkan lantai yang berdebu dan sampah yang berserakan di kamar kost. Lantai yang kotor sangat berpengaruh terhadap kesehatan si pemilik kamar. Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk membersihkan lantai kamar kost Anda sekurang-kurangnya seminggu sekali. Ada beragam jenis sapu seperti sapu sintetis, sapu dorong, sapu lidi, dan lainnya. Disarankan untuk menggunakan sapu sintetis yang cocok untuk membersihkan bagian dalam kamar.

  • Alat Pel

Selain higienis, lantai juga harus memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Ada baiknya Anda perlu mengepel lantai kamar kost sekurang-kurangnya seminggu sekali jika tidak memiliki hewan peliharaan. Hindari meninggalkan sisa air pel di lantai, hal tersebut akan membuat lantai menjadi licin dan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti terjatuh atau terpeleset. Anda bisa menggunakan alat pel dengan model pel tongkat agar memudahkan Anda dalam mengepel sehingga tak perlu membungkuk.

  • Kemoceng

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan alat kebersihan berupa kemoceng. Alat ini sangat berguna untuk menyingkirkan debu di dalam ruangan. Minimal Anda perlu memiliki satu kemoceng di kamar kost. Anda bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkan kipas angina, lemari, bingkai foto, dan perabot kamar lainnya.

  • Sabut spons untuk cuci piring

Alat kebersihan berikutnya yang harus Anda miliki di kamar kost yaitu spons cuci piring. Kegunaan alat ini adalah untuk membersihkan peralatan masak seperti kuali, panci, wajan, dan lainnya. Teksturnya yang lembut dan sedikit keras mampu membersihkan peralatan masak dari lemak yang membandel. Bagi Anda yang suka memasak di kost an, alat ini sangat dibutuhkan.

  • Pengki

Berikutnya ada pengki yang merupakan pasangan dari sapu. Jika Anda memiliki sapu, tak lengkap rasanya jika tidak ada alat kebersihan yang satu ini. Disarankan untuk menggunakan pengki yang memiliki tongkat. Hal ini bertujuan supaya Anda tak perlu membungkuk ketika menyerok sampah. Pengki mempunyai bentuk layaknya sekop, alat ini bisa memudahkan Anda untuk membersihkan sampah setelah menyapu lantai. Harga pengki di pasaran cukup beragam, bergantung dari kualitas barang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *