5 Gaya Hidup Hemat yang Bisa Anda Tiru

Maraknya dunia bisnis online seperti online shop, sudah banyak beredar di era modern seperti sekarang ini. Terlebih lagi, dengan adanya media sosial yang mempermudah konsumen dalam melakukan segala hal, salah satunya mencari informasi mengenai produk. Sedangkan, bagi para pebisnis media sosial merupakan sarana pemasaran produk yang paling efisien dan mudah dijangkau saat ini. Hal ini menjadi tantangan bagi para konsumen dalam mengendalikan dirinya untuk berhemat. Berikut beberapa tips gaya hidup hemat yang bisa Anda tiru untuk menghindari nafsu lapar mata semata, antara lain.

5 Gaya Hidup Hemat yang Bisa Anda Tiru

 

  • Prioritas antara Kebutuhan atau Keinginan

 

Sebagai konsumen yang bijak, sudah seharusnya Anda memikirkan prioritas kebutuhan ketimbang keinginan. Hal ini bertujuan agar dapat menekan pengeluaran Anda. Disarankan untuk membuat jadwal belanja beserta daftar barang yang pasti akan Anda gunakan setiap bulannya. Hindari membeli barang atau hal-hal diluar daftar prioritas. Sebagai contoh, Anda bisa hidup tanpa harus shopping di mall satu bulan sekali, tapi Anda tidak bisa hidup tanpa makan dan minum dengan hanya satu bulan sekali.

 

  • Menjaga Kesehatan

 

Tips gaya hidup hemat selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kesehatan tubuh. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kesehatan merupakan hal yang paling berharga dan paling mahal. Perlu biaya yang tidak sedikit untuk membayar jasa dokter yang menangani Anda jika sakit. Hal ini menjadi beban bagi Anda untuk melakukan pengeluaran diluar perkiraan. Sebisa mungkin, Anda menjaga dan merawat tubuh dengan baik.

 

  • Bijak dalam Berbelanja

 

Anda pasti pernah mengalami perbedaan yang signifikan apabila berbelanja di supermarket dibandingkan belanja di pasar. Sebagian besar orang, memang cenderung memilih untuk berbelanja di supermarket yang terkenal sejuk dan bersih. Selain itu, tak jarang orang yang berbelanja di supermarket akan cenderung membeli barang-barang diluar daftar kebutuhan karena nafsu semata. Pemasaran produk di supermarket juga cenderung mematok harga lebih tinggi dibandingkan harga di pasar.

 

  • Fasilitas Berlibur yang Murah

 

Bagi sebagian besar orang, rekreasi ataupun refreshing telah menjadi rutinitas jangka panjang yang dibutuhkan untuk melepas kepenatan bekerja. Tak perlu biaya yang besar untuk berlibur, Anda juga bisa berhemat saat berlibur. Sebagai contoh, Anda bisa membeli tiket penerbangan atau tiket travel dengan harga promo, penginapan tidak perlu berbintang lima, serta pilihlah tempat berlibur yang menyenangkan dan sesuai budget yang Anda miliki.

 

  • Jangan Remehkan Uang Receh

 

Secara umum, banyak orang yang menganggap remeh nominal uang receh. Namun, perlu Anda ketahui, uang receh sangat berguna dalam menyelamatkan Anda di saat-saat terdesak. Sebaiknya, uang receh yang Anda peroleh dari sosok belanja, Anda kumpulkan dalam suatu tempat seperti toples atau celengan. Jika sudah terkumpul banyak, uang receh tersebut bisa Anda tukarkan dengan nominal uang kertas. Gaya hidup hemat ini biasa dilakukan oleh anak kost atau ibu rumah tangga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *