5 Kondisi ini Tidak Diperbolehkan Lakukan Olahraga Rutin

Melakukan olahraga secara rutin memang baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak semua kondisi tubuh manusia diperbolehkan melakukan olahraga. Pasalnya, dalam kondisi tertentu, beberapa aktivitas berat seperti olahraga justru bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda atau bahkan bisa menjadi pemicu rasa nyeri pada tubuh. Lantas, apa saja kondisi yang membuat seseorang tidak diperbolehkan melakukan olahraga dulu? Simak ulasan lengkap di bawah ini.

5 Kondisi ini Tidak Diperbolehkan Lakukan Olahraga Rutin

Demam

Rutin berolahraga tidak dianjurkan bagi Anda jika sedang merasa tidak enak badan, bahkan jika kondisi Anda hanya demam sekalipun. Yang perlu Anda ketahui jika demam terjadi saat sistem kekebalan tubuh sedang bekerja keras dalam melawan infeksi dan aktivitas olahraga akan memberikan tekanan yang lebih besar pada sistem imun. Hal inilah yang menyebabkan mengapa olahraga bisa memperburuk kondisi tubuh Anda yang sedang tidak fit. Selain itu, memaksakan diri berolahraga saat demam juga bisa menimbulkan cedera karena kondisi tersebut membuat Anda sulit berkonsentrasi.

Pilek dan flu

Sama halnya dengan demam, seseorang yang sedang pilek dan flu juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas olahraga. Dalam kondisi tubuh normal, olahraga rutin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, kondisi tersebut bisa berbalik ketika Anda sedang mengalami pilek dan flu karena aktivitas olahraga justru akan membuat tubuh semakin lemah. Terlebih lagi jika pilek dan flu disertai dengan demam.

Asma

Jika Anda mengidap serangan asma yang disebabkan infeksi saluran pernapasan, maka ada baiknya untuk tidak melakukan olahraga rutin dulu selama beberapa hari. Dan jika gejala tersebut tetap berlangsung dan tidak menunjukkan tanda-tanda pulih, periksakanlah kondisi Anda ke dokter. Olahraga baru bisa Anda lakukan kembali saat dokter mengatakan penyakit asma Anda sudah bisa dikendalikan dengan baik. Namun, jangan langsung melakukan olahraga berat. Lakukan beberapa pemanasan ringan terlebih dahulu selama 10 menit dan jika Anda merasa sulit mengatur napas atau merasa lemah, segera hentikan aktivitas Anda. Pastikan untuk selalu membawa inhaler atau obat lainnya untuk berjaga-jaga apabila asma Anda kambuh secara mendadak

Kurang tidur dan kelelahan  

Tidak banyak yang mengetahui jika pola tidur juga mempengaruhi boleh tidaknya seseorang melakukan olahraga rutin. Bahkan bagi mereka yang sudah tidak tidur selama dua atau tiga hari terakhir, entah untuk urusan pekerjaan atau urusan lainnya, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga dulu. Pasalnya, kondisi tubuh yang sedang stress dan lelah akan diperburuk ketika diajak berolahraga. Istirahatlah terlebih dahulu, setidaknya ketika pola tidur Anda sudah normal baru kemudian bisa memulai rutinitas olahraga kembali.

Hamil

Bagi wanita hamil, ada beberapa jenis olahraga yang tidak boleh dilakukan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan aktivitas olahraga karena masih ada jenis olahraga yang aman dilakukan dan bahkan bermanfaat selama kehamilan, seperti yoga, berenang atau olahraga intensitas rendah lainnya. Pastikan untuk tidak melakukan olahraga rutin yang memungkinkan Anda akan menekan punggung ataupun perut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *