5 Kuliner Makassar yang Lezat dan Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Kota Makassar

Makassar adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Selain dikenal sebagai salah satu pusat bisnis dan perdagangan, serta pesona alam serta tradisi masyarakat yang menarik, kota Anging Mamiri ini juga terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam dan tentu saja lezat. Jika Anda berkesempatan untuk ke sana, sempatkanlah mencicipi 7 kuliner Makassar berikut ini.

5 Kuliner Makassar yang Lezat dan Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Kota Makassar

Coto Makassar

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Makassar tanpa mencoba kuliner Makassar khas yang satu ini. Rasanya yang lezat menjadikan Coto Makassar sebagai salah satu varian soto paling terkenal setelah Soto Madura dan Soto Kudus. Coto Makassar ini terbuat dari bahan dasar daging sapi serta jeroan yang direbus hingga tekstur daging menjadi empuk dan lembut saat digigit. Ditemani dengan kuah yang kaya akan rempah, membuat cit rasa kuliner yang satu ini semakin mantap. Anda bisa memilih nasi atau ketupat sebagai pendamping untuk melengkapi gurihnya Coto Makassar. Jangan lupa tambahkan kecap manis, bawang goreng dan jeruk nipis agar kuah Coto semakin mantap di lidah Anda.

Sop Konro

Selain Coto Makassar, ada lagi kuliner Makassar khas yang bernuansa soto, yakni sop konro. Sama halnya dengan coto yang terbuat dari daging sapi, bedanya konro menggunakan tulang iga segar sebagai bahan utamanya. Tulang iga pilihan tersebut dimasak bersama dengan kuah yang kaya akan rempah. Belum lagi kandungan bahan kluwak yang membuat kuah sop konro jadi kental sehingga sangat cocok disajikan bersama nasi atau ketupat. Jika sudah mencicipinya, dijamin Anda akan ketagihan.

Konro Bakar

Sama halnya dengan sop konro, kuliner Makassar yang satu ini juga menggunakan tulang iga sapi sebagai bahan utama pembuatannya. Hanya saja, jika iga sapi pada sop konro dimasak, maka pada konro bakar, tulang iga sapi justru dipanggang dengan dilumuri bumbu yang kaya akan rempah khas Makassar. Konro yang sudah dipanggang dengan resapan bumbu sangat cocok jika dilumuri dengan bumbu kacang dan tambahan nasi hangat sebagai makanan pendampingnya.

Pisang Ijo

Kota Makassar juga memiliki kudapan manis khas yang lezatnya tidak diragukan lagi, yakni Pisang Ijo. Kuliner Makassar yang satu ini memiliki cita rasa manis dan segar karena terbuat dari pisang yang dilapisi adonan hijau dan ditemani dengan saus kental yang terbuat dari bahan santan, terigu dan susu. Jangan lupa menambahkan serutan es, sirup DHT dan susu kental manis agar rasanya semakin mantap dan segar. Pisang Ijo ini sangat cocok dimakan di tengah panas teriknya Kota Makassar.

Pisang Epe

Kuliner Makassar selanjutnya adalah pisang epe. Berbeda dari pisang ijo yang dibalut dengan adonan hijau, Pisang epe ini adalah olahan pisang muda yang dijepit hingga menjadi sedikit lebih pipih kemudian dipanggang hingga berwarna agak kecokelatan. Pisang epe ini sangat lezat dinikmati jika ditambahkan topping manis seperti cokelat keju, susu atau durian. Pisang epe sangat mudah Anda temukan di Kota Makassar, khususnya di sepanjang Pantai Losari.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *