5 Kuliner Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicicipi

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia yang selain menjadi pusat bisnis juga menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Di sana Anda bisa menikmati ragam wisata, mulai dari wisata alam, wisata edukasi dan yang paling terkenal adalah wisata kuliner. Jika Anda sedang berencana berkunjung ke ibukota provinsi Jawa Timur ini, ada beberapa kuliner Surabaya yang wajib Anda cicipi.

5 Kuliner Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicicipi

Rujak Cingur Ahmad Jais

Kota Surabaya terkenal dengan kuliner Rujak Cingurnya yang khas. Meski mudah ditemukan, namun tidak semua tempat bisa menyajikan rujak cingur yang enak. Namun, tak perlu khawatir, di antara banyak penjual rujak cingur, Rujak Cingur Ahmad Jais lah yang paling rekomendasi dan banyak dikunjungi wisatawan. Sesuai dengan namanya, rujak cingur ini dijual di Jalan Ahmad Jasi No. 40. Saking terkenalnya, tak jarang para artis ibukota bahkan memilih tempat ini untuk mampir.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Kuliner Surabaya yang terkenal selanjutnya adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Berbeda dari sate pada umumnya, sate klopo ini disajikan dengan parutan kelapa sebagai pengganti bumbu kacang sehingga tak heran namanya sate klopo yang berarti sate kelapa dalam bahasa jawa. Tak hanya menu sate saja, di tempat ini Anda juga bisa memesan nasi putih dan lontong yang telah ditaburi serundeng. Jika tertarik mencicipi Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih, Anda bisa menemukannya di Jalan Walikota Mustajab 36 atau tepatnya berada di dekat Kantor Walikota Surabaya.

Warung Pak Ghofar

Meski terlihat biasa saja dari luar, namun siapa sangka jika warung sederhana ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan tidak sedikit orang yang rela mengantri sebelum warung ini buka hanya untuk menikmati santapan dari Warung Pak Gofar ini. Yang menjadi daya tari dari kuliner Surabaya yang khas ini adalah sajian menu yang selalu berbeda setiap harinya. Misalnya di hari selasa Anda bisa menikmati sajian nasi campur dan rawon, di hari rabu nasi pecel dan nasi asem-asem, hari jumat ada nasi sambel terong dan hari sabtu pengunjung disajikan nasi urap dan nasi bali. Anda bisa menemukan Warung Pak Ghofar di Jalan Darmo Permai Utara X No. 18, Surabaya.

Bebek Goreng Sinjay

Berbeda dari bebek goreng pada umumnya yang memiliki tekstur keras, Bebek Goyang khas Madura, Sinjay ini menyajikan bebek goreng dengan resep khusus yang dapat membuat rasa bebek goreng jadi lebih nikmat dan tentunya lebih lembut. Bebek Goreng Sinjay terletak di kilometer 13 pintu keluar jembatan suramadu dan buka mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Namun, jika tidak sempat ke Madura, Anda bisa menikmati bebek goreng ini di cabang lainnya, seperti di Ruko Grand Ahmad Yani Blok K-151 dan Kaza City Lt 3 Blok B-5.

Depot Bu Rudy

Kuliner Surabaya yang satu ini terkenal karena sambal bawangnya yang lezat. Bahkan tak jarang pengunjung dari luar kota Surabaya memborong sambal yang dijual oleh Depot Bu Rudy. Tak hanya sambal bawang, Depot Bu Rudy juga memiliki menu lain yang paling terkenal, yakni Nasi Udang.  Anda juga bisa menikmati banyak pilihan menu khas Indonesia, seperti nasi campur, rujak cingur, sayur asem, nasi bakar dan masih banyak lagi yang bisa Anda coba. Hingga saat ini, Depot Bu Rudy memiliki cabang lain di Surabaya, seperti di Anjasmoro, Kupang Indah dan Dharmahusada.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *