5 Tips Aman dan Bijak Saat Konsumsi Alkohol

Untuk orang yang sudah cukup umur dan ingin menjaga pola hidup sehat, mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine, vodka, atau wine sebenarnya sah-sah saja. Namun bukan berarti Anda boleh minum sepuasnya tanpa takaran yang dianjurkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui dulu bagaimana cara mengkonsumsi minuman beralkohol secara aman dan bertanggung jawab. Simak 5 tips aman konsumsi alkohol.

5 Tips Aman dan Bijak Saat Konsumsi Alkohol

Minum Secukupnya

Ada pepatah yang mengungkapkan bahwa segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik. Pepatah itu mungkin ada benarnya, apalagi jika disangkutpautkan dengan konsumsi alkohol. Beberapa penelitian dari badan kesehatan melaporkan bahwa baik pria atau wanita dewasa tidak boleh mengkonsumsi alkohol lebih dari empat belas unit dalam seminggu.

Namun, bukan berarti 14 unit tersebut boleh diminum sekaligus dalam sehari. Sebaiknya beri jeda selama dua atau tiga untuk tidak mengkonsumsi alkohol sedikit pun. Perlu Anda ketahui jika setiap produk memiliki kandungan alkohol yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perhatikan kadar alkohol yang akan Anda pesan. Perhitungkan, kira-kira dua gelas besar bir setara dengan minum 4 unit alkohol dalam sehari. Oleh karena itu, sangat bijak jika Anda tidak pesan atau minum lebih banyak lagi.  

Makan Dulu Sebelum Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Jika Anda konsumsi alkohol dalam keadaan perut kosong, maka Anda lebih mudah merasa mabuk. Tak hanya itu, organ hati Anda juga jadi bekerja ekstra keras saat memproses alkohol dalam tubuh. Maka dari itu, usahakan untuk makan dulu sebelum minum alkohol karena akan perut yang terisi akan memperlambat serapan alkohol ke dalam darah, otak serta organ tubuh lainnya.

Minum pelan-pelan

Jika Anda ingin aman dalam konsumsi alkohol, maka sebaiknya minum dalam keadaan pelan-pelan saja. Mengkonsumsi alkohol dalam keadaan terburu-buru atau dalam sekali tenggak akan mengakibatkan hati jadi kesulitan membersihkan alkohol dalam tubuh nantinya.

Jangan menyetir atau mengoperasikan mesin setelah minum

Hal inilah yang paling penting dalam konsumsi alkohol, yakni tidak mengkonsumsinya dalam keadaan menyetir atau mengemudi kendaraan. Pasalnya minuman beralkohol membuat reaksi dan refleks Anda jadi lambat. Tak hanya itu, alkohol juga berpengaruh pada koordinasi dan konsentrasi Anda. Jika Anda Anda memang memiliki rencana minum-minum, jangan bawa kendaraan sendiri. Sebaiknya sewa jasa sopir atau gunakan angkutan umum, seperti taksi.

Hindari minuman yang ditawarkan orang lain

Jika Anda sedang berada di bar atau di tempat umu, jangan menerima minuman yang ditawarkan oleh orang lain, apalagi orang yang tidak Anda kenal. Anda tidak akan pernah tahu kandungan apa saja yang di dalam minuman tersebut. Tak hanya itu, Anda juga jadi tidak bisa menghitung kandungan alkohol yang ada di dalamnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *