5 Tips Menikah Lebih Hemat dan Menyenangkan meskipun Tanpa Wedding Organizer

Menikah merupakan momen sakral dari proses penyatuan dua kepala menjadi satu untuk selamanya. Sehingga, umumnya acar tak terlupakan ini diadakan besar-besaran ataupun mewah. Namun, berbagai pertimbangan membuat tak semua pasangan mengadakan acara pernikahan yang mewah dan luar biasa. Bisa karena memang menginginkan konsep sederhana, atau bahkan menggunakan sebaik mungkin uang yang ada agar sisanya bisa dipakai untuk bisnis bersama. Sebenarnya, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menikah lebih hemat tanpa bantuan wedding organizer namun tetap menyenangkan sebagaimana tips dibawah ini.

5 Tips Menikah Lebih Hemat dan Menyenangkan meskipun Tanpa Wedding Organizer

  1. Minta Bantuan Keluarga

Anda bisa meminta bantuan keluarga besar untuk mempersiapkan acara. Misalnya, untuk dekorasi kamar, tata ruangan rumah dan lain sebagainya. Hal ini juga akan mempererat tali keluarga yang lebih dekat dan saling tolong menolong. Tidak menutup kemungkinan keluarga Anda juga justru merasa penting dan lebih dianggap atau bahkan lebih bahagia daripada hanya datang duduk dan menikmati acara saja.

  1. Mintalah Teman Jadi Tim Sukses

Umumnya, wedding organizer akan mengontrol jalannya pernikahan sesuai susunan acara. Namun,  semua tentu berbeda saat tidak menggunakan jasa tersebut karena tentunya tidak akan ada susunan acara yang rapih. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengakalinya dengan memanfaatkan jasa teman-teman terdekat.

Anda bisa meminta bantuan kepada teman-teman untuk menjadi tim sukses dalam acara pernikahan. Minta mereka untuk menjaga buku tamu, menjadi MC, mengontrol makanan yang ada dalam acara, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu akan membuat Anda lebih hemat dan teman Anda pun akan senang bisa turut andil dalam kesuksesan acara.

  1. Gunakan Vendor Murah yang Berkualitas

Gunakanlah vendor berkualitas bagus dengan harga yang miring. Pilih vendor berpengalaman namun biaya nya tetap terjangkau. Misalnya untuk fotografer, tidak harus menggunakan jasa fotografer terkenal yang mahal, tapi cukup gunakan jasa fotografer dengan hasil bagus dan harga terjangkau. Kateringnya pun tak perlu memilih makanan western atau hidangan yang mewah, karena belum tentu semua tamu menyukainya. Jadi, sebaiknya pilih jenis makanan yang umum dan banyak disukai seperti Bakso, Es Campur dan makanan lokal lainnya.

  1. Memilih Tempat yang Sesuai Budget

Setiap pasangan pasti akan berangan-angan untuk mengadakan pesta pernikahan ditempat yang bagus, mewah dan romantis. Namun, cobalah untuk memikirkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Saat akan memilih, sebaiknya sesuaikan pilihan tempat-tempat dengan budget. Jangan hiraukan komentar negatif orang lain seperti pelit, miskin dan lain sebagainya, karena pernikahan tersebut milik Anda dan Andalah yang lebih tahu apa yang diinginkan dan butuhkan. Lagipula kebahagiaan Anda dengan pasangan tidak dinilai dari mewah atau tidaknya pernikahan tersebut bukan.

  1. Pilih Souvenir yang Bermanfaat dengan Harga Terjangkau

Pilihlah souvenir yang memberi manfaat tamu undangan, seperti handuk, gelas, atau bahkan kue, cokelat dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan Anda memang membeli di agennya agar memperoleh tawaran harga yang lebih murah. Anda bisa membungkus souvenir tersebut sendiri dengan bantuan keluarga besar. Selain menyenangkan, hal ini akan membuat anggota keluarga semakin kompak.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *