5 Variasi Masakan dari Tahu dan Tempe yang Siap Meriahkan Menu Makanmu

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan cara membuat tempe orek atau tumis tahu. Memang, menu tersebut sudah biasa dihidangkan sebagai makanan sehari-hari. Well, ada kalanya kamu mungkin jadi bosan dengan menu makanan yang hanya itu-itu saja. Masalahnya, bagaimanapun, tempe dan tahu adalah paket lengkap untuk menu sehari-hari: mengandung cukup protein dan bisa didapatkan dengan harga yang bersahabat.

Baca juga: Resep Tempe Orek, Menu Sederhana yang Lezatnya Selalu Disuka (klik tautan berikut: https://review.bukalapak.com/food/resep-tempe-orek-menu-sederhana-yang-lezatnya-selalu-disuka-34792)

Eits, tetapi tenang! Tidak perlu buru-buru ke pasar untuk membeli daging atau menu lainnya. Selama kreatif dan bisa mengkreasikannya, masakan dari tahu dan tempe selalu bisa lho memeriahkan meja makanmu. Perlu referensi? Yuk, coba simak ulasan berikut ini.

1. Semur Tempe
Semur merupakan masakan tradisional Indonesia yang mengandalkan lada dan kecap sebagai bumbu utama. Selama ini, semur yang lebih dikenal masyarakat adalah semur ayam, daging, hati, dan jengkol. Namun, jangan salah! Tempe juga bisa lho dimasak menjadi semur. Cara memasak serta bumbunya pun tak jauh berbeda dengan semur pada umumnya. Bedanya, bahan dasar dari semur ini adalah tempe yang diiris agak lebar dan tebal.

2. Sup Bola Tahu
Bosan dengan olahan tahu goreng yang hanya begitu-begitu saja? Coba deh ganti menu makanmu dengan sup bola tahu yang punya rasa nikmat sekaligus kandungan gizi lengkap. Cara memasak sup ini pun tak jauh beda dengan cara memasak sayur asem atau sayur bening. Perlu diingat, siapkan tahu bulat yang nantinya akan dilapisi dengan telur. Sebagai tambahan, masukkan pula kapri dan wortel yang diiris tipis ke dalamnya. Dijamin nikmat, deh!

3. Tempe dan Tahu Bacem
Tahu dan tempe memang tidak selamanya harus digoreng, kok! Supaya tidak bosan, sesekali buatlah tempe dan tahu bacem. Tempe dan tahu bisa dimasak sekaligus. Dengan rasanya yang istimewa dan khas, masakan ini sering kali jadi favorit di berbagai kalangan. Rasa gurih dipadu manisnya kecap, hmm yummy! Tak hanya itu, tempe dan tahu bacem, apalagi yang digoreng setelah dibacem, bisa tahan lama juga, lho! Mau mencoba membuatnya sendiri?

4. Botok Tempe
Pernah dengar soal botok tempe? Masakan dari tempe yang satu ini tidak digoreng maupun ditumis, melainkan dikukus. Tempe yang kamu siapkan pun harus dicincag kasar lebih dulu. Kemudian, dicampur pula dengan wortel, garam, gula, daun kucai, dan bumbu halus. Setelah adonan jadi, barulah dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus botok selama kurang lebih 30 menit. Selain rasanya yang sedap lagi nikmat, masakan yang satu ini juga cocok buat kamu yang sedang diet minyak. Tertarik mencobanya?

5. Nugget Tahu
Siapa bilang nugget hanya bisa dibuat dari ayam atau daging? Tahu juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuat nugget, lho! Cara membuat nugget tahu juga tak jauh berbeda dengan cara membuat nugget ayam. Bahan utamanya pun cukup tahu putih, roti tawar, telur ayam, garam, tepun panir kasar sebagai pelapis, dan wortel yang dicincang halus sebagai tambahan. Jangan lupa juga siapkan saus nugget untuk menyempurnakan cita rasa. Sajikan sebagai lauk untuk menemani nasi hangat atau sebagai camilan di kala pagi, siang, maupun sore hari.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu kreasi dari masakan di atas?

Sumber gambar: PosResep

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *