6 Manfaat Sayuran Asparagus Bagi Kesehatan Tubuh

Sayur asparagus untuk sebagian orang memang terdengar asing. Wajar memang karena jenis sayuran yang satu ini tidak terlalu umum ditemui, apalagi jika Anda mencarinya di pasar tradisional. Asparagus biasanya mudah ditemui di swalayan atau supermarket yang menawarkan jenis sayuran langka seperti ini. Selain jarang ditemui, tak banyak juga yang tahu kandungan nutrisi yang ada di dalam asparagus. Padahal vitamin yang dikandungnya tidak kalah dengan sayuran yang lebih populer. Untuk itu, agar lebih mengenal manfaat sayuran yang dikandung asparagus, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

6 Manfaat Sayuran Asparagus Bagi Kesehatan Tubuh

Padat nutrisi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika asparagus memiliki nutrisi yang tinggi. Berbagai nutrisi yang dikandungnya seperti protein, lemak, serat, vitamin A, vitamin C , vitamin E, kalium, folat serta fosfor. Bahkan kelebihan lain dari sayuran ini adalah mengandung sejumlah kecil kandungan mikronutrien seperti zinc, riboflavin dan zat besi. Manfaat sayuran asparagus yang kaya akan vitamin adalah dapat berperan aktif dalam pembekuan darah sekaligus menjaga kesehatan tulang karena kandungan Vitamin K yang sangat tinggi. Asparagus juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan folatnya dapat membantu pembentukan sel dan DNA calon bayi.

Menyehatkan pencernaan

Manfaat sayuran asparagus lainnya adalah memberi asupan serat yang tinggi kepada sistem pencernaan tubuh. Untuk itu disarankan mengkonsumsi asparagus dalam takaran setengah cangkir seberat 1,8 gram untuk memperlancar gerakan usus sehingga mampu mengobati sembelit. Oleh karena itu, dengan menambahkan asparagus ke dalam menu makanan sehari-hari menjadi cara terbaik guna membantu memenuhi kebutuhan serat sistem pencernaan Anda.

Membantu menurunkan berat badan

Perlu Anda ketahui jika asparagus merupakan sayuran yang memiliki kandungan kalori yang rendah, yakni hanya sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir. Jadi, manfaat sayuran yang satu ini selain menyehatkan, juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Membantu menurunkan tekanan darah

Selain bisa membantu menurunkan berat badan, asparagus juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kalium-nya yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi asparagus secara rutin, maka Anda sudah meminimalisir risiko penyakit penyakit jantung dan stroke yang sewaktu-waktu bisa menyerang Anda.

Menunjang kesehatan kehamilan

Manfaat sayuran asparagus rupanya juga penting bagi ibu hamil. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa asparagus kaya akan kandungan folat atau vitamin B9. Kandungan ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan, khususnya di trimester awal kehamilan. Di masa ini, asupan folat akan membantu pembentukan sel darah merah dan DNA pada calon bayi Anda.

Sumber antioksidan yang baik

Faktanya, manfaat sayuran asparagus sebagai antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari dampak yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Kandungan nutrisi seperti, vitamin E, vitamin C, glutathione, serta berbagai flavonoid dapat menangkal penuaan dini, peradangan sel yang kronis, serta kanker. Untuk dapat memperoleh manfaat sayuran asparagus yang optimal, sebaiknya mengkonsumsinya bersama sayur dan buah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *