6 Tips Finansial yang Ampuh untuk Pasangan Pengantin Baru

Sebelum menikah Anda mungkin tidak terlalu terbuka pada pasangan Anda jika terkait dengan masalah keuangan. Namun, hal tersebut tidak bisa Anda lakukan ketika memulai berumah tangga karena mengatur kondisi keuangan sangat diperlukan dalam sebuah keluarga baru. Oleh sebab itu, jangan membiasakan diri dan pasangan Anda untuk memisahkan dan menggunakan uang masing-masing. Di bawah ini ada beberapa tips finansial bagi pasangan pengantin baru dalam mengelola rencana keuangan.

6 Tips Finansial yang Ampuh untuk Pasangan Pengantin Baru

Tentukan Tujuan Keuangan Keluarga

Untuk urusan finansial, hal yang perlu dilakukan bagaimana lazimnya sebuah keluarga baru adalah menentukan tujuan keuangan selama beberapa tahun ke depan. Dalam hal ini, Anda dan pasangan perlu membicarakannya pada konsultan keuangan untuk membantu menemukan berbagai kebijakan terkait keuangan. Hal ini perlu dilakukan, mengingat banyak pasangan suami-istri terbilang masih awam dalam hal finansial keluarga.

Atur Rekening di dalam Keluarga

Tips finansial selanjutnya adalah menggunakan rekening dalam menempatkan dana di dalam keuangan yang telah direncanakan dengan matang. Beberapa dana perlu dipisahkan dan ditempatkan pada rekening yang berbeda. Hal ini dilakukan agar Anda dan pasangan bisa lebih mudah dalam mengelola dan menjaga agar satu dana tidak bercampur dengan dana lainnya. Pastikan untuk menentukan jumlah dan jenis rekening yang akan digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan.

Berikan Kuasa kepada Pasangan

Mungkin sebelum menikah, pengelolaan keuangan Anda dikendalikan sepenuhnya oleh diri Anda. Namun setelah menikah, tidak ada salahnya untuk berbagi hak kuasa keuangan pada pasangan, khususnya dalam mengambil keputusan terkait aset yang Anda miliki. Namun, pastikan Anda memahami dengan baik, sejauh mana kuasa yang Anda berikan kepada pasangan agar nantinya tidak menimbulkan percekcokan dalam hubungan Anda.

Komunikasikan Setiap Pembelanjaan dengan Jumlah Besar

Berkomunikasi dalam setiap pembelanjaan juga penting dilakukan dalam tips finansial keluarga. Apalagi jika pengeluaran tersebut dibelanjakan dalam jumlah yang besar. Biasakan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan terkait jumlah pembelanjaan karena setiap pos pengeluaran akan berdampak langsung pada pos pengeluaran lainnya.

Bicarakan Tujuan serta Kebiasaan Keuangan 

Tips finansial yang satu ini kerap kali tidak dianggap penting oleh pasangan baru. Padalah, membicarakan kebiasaan dalam mengatur keuangan itu sangat penting dan seharusnya telah didiskusikan jauh sebelum Anda menikah. Hal ini dilakukan agar nantinya Anda dan pasangan tidak meributkan perbedaan pandangan mengenai kebiasaan dalam mengatur keuangan. Selain itu, hal ini juga memudahkan Anda dan pasangan dalam menentukan tujuan dan target finansial rumah tangga. Tidak perlu sungkan melakukan hal ini pada pasangan, apalagi setelah berkeluarga, karena akan lebih baik jika sudah terbuka mengenai hal ini sejak awal.

Hindari Pembelian Mendadak

Dalam mengelola keuangan rumah tangga, sebaiknya hindari membeli suatu barang secara mendadak atau di luar pos pengeluaran bulanan keluarga, terlebih lagi jika barang tersebut tidak besifat wajib. Menghabiskan uang untuk barang yang tidak penting hanya karena alasan diskon adalah bagian dari pemborosan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam mengeluarkan uang jangan sampai berujung pada penyesalan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *