6 Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Tak Hanya Numpang Lewat

Tidak sedikit orang yang sering mengalami kondisi “gaji numpang lewat”. Beberapa hari setelah gajian tiba semua kebutuhan masih bisa terpenuhi. Namun baru menginjak pertengahan bulan, uang tersebut sudah habis tak bersisa. Sehingga mulai kebingungan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan hari-hari berikutnya. Setiap bulan Anda bisa selamanya mengalami siklus tersebut jika tidak segera mengatasinya. Oleh karena itu, sebaiknya terapkan 6 tips mengatur gaji bulanan Anda berikut.

6 Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Tak Hanya Numpang Lewat

  1. Catat pemasukan dan pengeluaran

Anda bisa menerapkan cara ini dengan men-download aplikasi pengatur keuangan atau bisa menggunakan cara konvensional seperti menggunakan Microsoft Excel untuk pencatatan. Tulis seluruh pemasukan mulai dari gaji rutin bulanan maupun pemasukan tambahan lainnya. Lalu catat pengeluaran baik untuk kebutuhan sehari-hari, maupun investasi, tabungan dan lainnya. Catatan transaksi tersebut dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi kondisi keuangan beberapa periode ke belakang.

  1. Pisahkan rekening gaji dan tabungan

Mulailah dengan membuka rekening tabungan lain yang berbeda dari rekening payroll gaji bulanan yang digunakan perusahaan. Sehingga cash flow antara pengeluaran dan tabungan bisa langsung terpisah. Sebelumnya tetapkan jumlah uang yang ingin ditabung tiap bulannya lalu langsung pindahkan uang tersebut dari rekening gaji ke rekening tabungan. Selanjutnya, berdasarkan uang yang tersisa di rekening gaji lakukan anggaran pengeluaran.

  1. Gunakan fasilitas kredit

Dana mendesak memang tidak bisa diprediksi kedatangannya. Misalnya, Anda bekerja sebagai desainer grafis dan baru saja mengalami musibah laptop dicuri. Dalam situasi tersebut, untuk tetap bisa menunjang pekerjaan Anda tidak mempunyai pilihan selain membeli laptop baru. Sehingga keuangan Anda terganggu, apalagi bujet yang dibutuhkan besar seperti dalam cerita di atas. Kondisi-kondisi seperti inilah yang membuat Anda sebaiknya memanfaatkan fasilitas kredit.

  1. Buat skala prioritas

Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal berbeda yang saat ini sulit dibedakan. Sebab, tidak sedikit orang yang masih terperangkap dengan keinginan dan justru melewatkan kebutuhan. Misalnya, sungkan menolak ajakan teman nongkrong di cafe yang membuat Anda  mau tak mau mengikuti gaya hidup mereka. Antisipasi hal tersebut dengan menganalisa kembali anggaran pengeluaran yang secara rutin telah dicatat. Lihatlah kembali, manakah pengeluaran yang penting dan tidak penting. Sebelum menentukan anggaran pengeluaran buatlah skala prioritas. Jika seluruh daftar kebutuhan telah terpenuhi, barulah beralih untuk menuruti keinginan.

  1. Gunakan strategi pengeluaran

Anda bisa membuat strategi dengan menentukan mana saja pengeluaran-pengeluaran yang selama ini menyebabkan gaji Anda cepat habis. Contoh penyebabnya adalah karena setiap minggu makan di restoran, maka kurangi intensitas pergi ke restoran menjadi dua minggu sekali.

  1. Bersikap konsisten

Sebaiknya Anda mengatur keuangan sebagaimana tips diatas secara konsisten dan terus menerus. Jangan menjalankannya hanya dalam hitungan bulan saja. Sebab, manfaat dari seluruh perencanaan keuangan tersebut akan terasa jika dalam menjalankannya Anda disiplin. Meskipun memang bukan hal mudah untuk mengatur keuangan. Terlebih diluar sana banyak godaan untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Oleh karena itu, dalam melakukannya Anda harus yakin bisa disiplin.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *