7 Cara Hemat Uang Bulanan yang Mudah Dilakukan

Menghemat pengeluaran mungkin terdengar sederhana, namun nyatanya tidak mudah diterapkan, terlebih lagi jika gaya hidup berlebihan sudah terbiasa dilakukan. Tak sedikit orang yang ingin mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih hemat dengan menekan pengeluaran bulanan, tetapi tetap saja ada godaan selalu datang menghampiri sehingga program menabung menjadi tidak terlaksana. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa kesulitan melakukan hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara hemat anggaran yang bisa Anda simak.

7 Cara Hemat Uang Bulanan yang Mudah Dilakukan

Mengenali Kebutuhan yang Harus Dipenuhi sebelum Menerima Gaji

Ada baiknya, sebelum hari gajian tiba, Anda sudah menyiapkan segala pos-pos pengeluaran dalam rencana keuangan. Hal ini dilakukan agar nantinya saat menerima gaji bulanan, Anda sudah siap menyalurkan uang untuk hal-hal yang tepat. Agar cara hemat tepat sasaran, prioritaskan kebutuhan yang mendesak untuk menghindari pengeluaran yang lebih besar, misalnya membayar tagihan listrik, air, kartu kredit dan tagihan lainnya.

Selalu Lihat dan Bandingkan Sebelum Membeli Barang

ika Anda orang yang termasuk boros dalam berbelanja apalagi sampai rela mengeluarkan banyak uang, maka ubahlah kebiasaan buruk tersebut. Mulailah untuk selalu melihat dan membandingkan harga serta kualitas barang yang ingin Anda beli. Menerapkan kebiasaan cerdas dalam berbelanja ini adalah langkah mendasar cara hemat anggaran yang bisa Anda lakukan.

Berhati-hati dalam Bergaul, Pilih Teman yang Satu Visi

Sebuah petuah bijak berkata bahwa “Anda adalah rata-rata dari 5 orang yang ada di sekitar Anda.” yang mana berarti jumlah kekayaan Anda saat ini tidak berbeda jauh dari setidaknya 5 orang yang ada di sekitar Anda. Oleh sebab itu, pilihlah teman bergaul yang tepat. Jika lingkaran pertemanan Anda mayoritas adalah orang yang sukses dalam mengelola keuangan, maka gaya hidup sukses mereka juga bisa menular pada diri Anda.

Catat Pengeluaran dan Evaluasi secara Berkala

Cara hemat anggaran selanjutnya adalah mencatat seluruh pengeluaran Anda dan melakukan evaluasi secara berkala. Selalu luangkan waktu untuk merinci pengeluaran Anda dalam sebulan dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa dihapus atau setidaknya bisa dikurangi. Dengan menekan pengeluaran bulanan, maka Anda sudah melakukan cara paling efektif dalam menghemat uang.

Pertimbangkan untuk Membeli Barang Kondisi Bekas Pakai

Membeli barang tertentu yang bukan bagian dari pos pengeluaran adalah tindakan yang boleh dilakukan, namun sebelum membeli barang tersebut ada baiknya untuk melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Misalnya dengan membeli barang kondisi bekas ketimbang baru. Barang bekas alias second tentu saja memiliki harga yang lebih murah, tapi hal ini bisa jadi cara hemat anggaran yang tepat. Pasalnya, tidak sedikit barang bekas berharga murah namun kualitasnya masih sebagus barang baru.

Potong Biaya Transportasi untuk Efisiensi

Biaya transportasi biasanya menjadi pos pengeluaran tertinggal dalam rencana keuangan. Jika ingin menghemat anggaran, ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan sepeda atau membiasakan anak jalan kaki ke sekolah jika jarak antar sekolah dan rumah tidak terlalu jauh. Jika kebutuhan kendaraan tidak bisa diajak kompromi, maka lebih baik gunakan sepeda motor saja daripada mobil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *