7 Pedagang Musiman yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Ramadhan tidak hanya merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan keberkahan saja. Bulan yang datangnya setiap setahun sekali ini juga bisa memberikan banyak keuntungan bagi banyak orang, terutama pedagang. Biasanya di bulan ini, akan ada banyak pedagang musiman yang memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berdagang. Apa sajakah biasanya pedagang yang adanya hanya bulan puasa saja?

7 Pedagang Musiman yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Pedagang takjil.

Pedagang musiman yang pertama yaitu pedagang takjil. Anda pasti akan sering menemukan yang namanya pasar kaget pada saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini.  Pasar yang satu ini biasanya dijadikan oleh pedagang-pedagang tertentu sebagai tempat untuk berdagang di kala Ramadhan. Pedagang-pedagang tersebut biasanya menjajakan dagangannya di pinggir jalan dan ada berbagai macam makanan kecil dan juga minuman yang bisa Anda nikmati untuk buka puasa.

Pedagang gorengan.

Pedagang musiman berikutnya adalah pedagang gorengan. Memang, pedagang gorengan biasanya juga bisa ditemukan tidak hanya di bulan puasa saja. Namun biasanya, jika di bulan Ramadhan, pedagang ini lebih banyak jumlahnya dan mudah untuk ditemukan. Bahkan terkadang, ibu-ibu rumah tangga yang bukan pedagang gorengan di hari biasa, akan ikut jualan gorengan pada saat bulan Ramadhan.

Pedagang timun suri.

Pedagang berikutnya adalah pedagang timur suri. Mungkin orang-orang akan banyak yang bertanya mengapa timun suri itu hanya ada pada saat bulan Ramadhan saja. Padahal sejatinya timun suri ini tidak mengenal musim. Namun tak dapat dipungkiri bahwa permintaan di bulan puasa akan lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Hal itu pun membuat para petani timun suri biasanya berbondong-bondong menanam timun suri ini ketika bulan Ramadhan tiba. Memang tak dapat dipungkiri bawah buah yang satu ini akan sangat segar jika disajikan bersama dengan sirup dingin untuk hidangan bulan puasa.

Pedagang kuliner khas Ramadhan.

Pedagang musiman yang berikutnya adalah pedagang kuliner khas Ramadhan. Biasanya pedagang ini akan menyediakan makanan besar seperti gulai siput, pakat rotan, sate susu, sotong pangkong dan lain sebagainya.

Pedagang bunga.

Pedagang musiman selanjutnya adalah pedagang bunga. Biasanya pedagang bunga ini akan memanfaatkan momentum di awal dan akhir puasa. Tempat mereka berdagang biasanya ada di kawasan pemakaman. Sebab, di saat seperti itu akan ada banyak orang yang berziarah untuk mendoakan keluarga mereka.

Pedagang penukaran uang.

Pedagang yang satu ini akan Anda temui pada saat hari Raya Idul Fitri. Sebab, biasanya pada saat hari raya, Anda akan berbagi sedikit rezeki dengan sanak saudara. Biasanya yang dibutuhkan adalah uang kecil, sehingga jasa yang satu ini akan sangat membantu.

Pedagang kembang api atau mercon.

Pedagang kembang api biasanya menjadi salah satu pedagang yang paling digemari oleh anak kecil. Sebab biasanya pada saat momen Ramadhan ini, adalah momen yang paling menyenangkan untuk bermain kembang api.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *