7 Tips Solusi Tepat Mengurangi Kecanduan Gadget

Era serba teknologi saat ini akan sulit sekali melepaskan diri dari gadget. Terlebih gadget menawarkan segala kemudahan dalam beraktivitas. Namun, di samping itu gadget juga mempunyai segi negatif yakni dapat menyebabkan seseorang menjadi individualistis. Momen berkumpul bersama teman atau keluarga sudah tidak begitu dihiraukan karena masing-masing sibuk sendiri dengan gadgetnya. Awali untuk mengurangi kecanduan gadget di lingkungan Anda dengan menerapkan 7 tips berikut.

7 Tips Solusi Tepat Mengurangi Kecanduan Gadget

  1. Ingat Dampak Penggunaan Gadget

Gadget juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berlebihan dalam menggunakan gadget dapat merusak mata bahkan otak akibat radiasi dari smartphone. Sehingga mengurangi pengguna gadget dalam kehidupan sehari-hari menjadi solusi tepat untuk menjaga kondisi tubuh.

  1. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Secara umum gadget menjadi pilihan praktis guna mengatasi bosan di waktu kosong hari libur. Padahal terdapat berbagai hal menyenangkan dan bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan. Seperti bersih-bersih rumah, memasak, atau maraton menonton film dan masih banyak lagi. Secara perlahan aktivitas seperti ini akan melarutkan Anda dalam suasana sehingga lupa pada gadget.

  1. Nonaktifkan Internet Sementara Waktu

Internet yang sedang aktif menjadi sumber utama munculnya Notifikasi. Jadi, untuk sementara waktu sebaiknya non-aktifkan paket data Agar notifikasi tidak muncul ke layar smartphone, terutama jika sedang bekerja di kantor. Anda bisa mengaktifkannya kembali setelah menyelesaikan pekerjaan tersebut.

  1. Matikan Notifikasi semua Aplikasi

Saat notifikasi dari aplikasi tertentu muncul, pasti akan langsung membangun rasa ingin tahu Anda pada gadget. Secara otomatis segera membukanya dan hanya untuk membaca isinya bahkan menghabiskan waktu selama 15 menit atau lebih. Hal tersebut akan terus berlanjut jika datang notifikasi dari aplikasi lain hingga tanpa disadari waktu Anda terbuang untuk kegiatan tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya mematikan semua notifikasi dari aplikasi yang terinstall Agar waktu yang ada bisa digunakan dengan baik dan meminimalisir penggunaan gadget.

  1. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Candu

Salah satu aplikasi yang membuat kecanduan gadget adalah sosial media dan game. Oleh karena itu, sebaiknya hapus satu atau dua sosial media dan game yang paling membuat candu. Dengan begitu rasa penasaran terhadap dunia luar akan sedikit berkurang dan Anda tidak terlalu fokus pada gadget. Hal tersebut bukan berarti melarang untuk menggunakan sosial media. Boleh saja asalkan untuk hal yang bermanfaat.

  1. Simpan Gadget di Tas Saat Bepergian

Meskipun bepergian bersama teman atau keluarga perlu diabadikan dan diunggah ke sosial media, tapi sebaiknya jauhkan gadget terlebih dahulu saat waktunya mengobrol. Simpan gadget di dalam tas agar suasana kumpul terasa lebih hangat dan bermanfaat. Sedikit demi sedikit hal tersebut juga akan melatih Anda untuk mulai terbiasa tanpa gadget.

  1. Beralih dari Gadget ke Kumpul Bersama Orang Tersayang

Beberapa kegiatan memang mengharuskan Anda untuk memegang gadget seperti menyelesaikan tugas kantor, berbisnis, menghubungi klien, hingga upload momen penting ke sosial media. Namun, tak ada salahnya untuk meninggalkan gadget setelah semua urusan tersebut sudah selesai. Hal ini juga menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup, yakni dengan beralih dari gadget ke kumpul bersama orang-orang yang kita sayangi seperti keluarga, saudara, kerabat, dan teman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *