Alternatif Bubur Bayi Instant Pilihan, Recommended!

Siapa yang tak mengenal bubur? Bubur merupakan istilah umum untuk mengacu pada adanya campuran bahan padat dengan cair. Di mana komposisi dari bahan cairnya akan lebih banyak daripada bahan padatannya, sehingga keadaan dari bahan padatan tadi akan terurai atau tercerai berai. Hal yang sama juga dimiliki oleh tekstur pada bubur bayi. Bahkan ada biskuit bayi yang memang dapat dibuat menjadi bubur jika diseduh atau dicampurkan dengan air hangat, contohnya saja biskuit bayi Milna.

Selain biskuit bayi Milna 5 bulan, masih ada beberapa rekomendasi bubur untuk bayi saat memang telah memasuki masa pemberian makanan pendamping ASI atau yang lebih dikenal dengan MP-ASI. Pemberian makanan pendamping untuk bayi umumnya mulai dilakukan saat bayi berusia 6 bulan, karena semua gizi dan nutrisi yang sejatinya dibutuhkan oleh bayi sudah tercukupkan dengan kandungan pada Air Susu Ibu.

Bahkan kandungan nutrisi dan gizi pada ASI juga tak mampu tergantikan dengan susu foemula. Namun, untuk beberapa kasus dan kondisi, bayi memang tak selalu mendapatkan pemberian makanan pendamping saat usia 6 bulan ke atas, akan tetapi juga dapat diberikan saat usia bayi sudah dekat dengan usia 6 bulan.

Dengan cara pengenalan yang baik pada pemberian makanan pendamping ASI, bayi juga tidak akan mengalami syok. Mengingat bahwa organ pencernaan bayi yang belum sempurna seperti orang dewasa pada umumnya sehingga apabila dalam memberikan pengenalan makanan bayi tidak baik, dapat menimbulkan adanya gangguan pencernaan pada bayi seperti adanya gangguan sembelit, atau terjadinya perut bergas atau kembung.

Pemberian makanan pendamping ASI sendiri haruslah diberikan secara bertahap, baik dari segi jenis makanannya, tekstur yang ada, porsi yang disesuaikan, hingga pada tingkat kekentalan yang ada harus disesuaian dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan. Berdasarkan teksturnya, bila pada tahapan awal pmberian M-ASI, Anda dapat mamberikan makanan yang teksturnya lebih cair, lalu semi padat, dan ketika sudah mulai tumbuh gigi, dicoba secara perlahan untuk memberikan makanan padat yang mampu berubah tekstur ketika tercampur dengan air liur bayi seperti biskuit bayi pada umumnya.

Sebaiknya pengenalan makanan untuk bayi dimulai dari satu jenis makanan saja, seperti pisang, alpukat, atau yang lainnya sehingga Anda pun dapat melihat respons sang bayi terhadap makanan yang dikenalkannya.

Bayi sendiri cenderung untuk menyukai makanan yang manis manis sperti buah buahan, ini menjadi tantangan para ibu untuk juga dapat mengenalkan sayuran lebih banyak dibandingkan buah. Karena memang rasa sayuran yang cenderung langu, bayi akan cenderung tidak menyukainya, dan bila tidak dikenalkan sedari dini tentunya hal ini akan berakibat ketika besar nanti yang selalu pilih pilih makanan dan menghindari sayuran.

Adapun beberapa makanan pendamping ASI atau bubur bayi yang recomended sebagai alternatif pilihan untuk ibu cerdas, antara lain:

  1. Milna Nature Delight Apple and Peach

Dengan kemasan yang praktis dan ekonomis, bubur untuk bayi ini dikemas dalam kemasan pouch sekali pakai yang juga tak memakan banyak tempat saat bepergian. Dengan kandungan buah apel dan juga peach-nya, dipercaya mampu ikut melancarkan pencernaan karena seratnya yang tinggi hingga mampu meningkatkan kesehatan kulit dan mata bayi.

  1. Promina Bubur Tim Daging dan Brokoli

Untuk bayi yang memang sudah berjalan dalam tahapan pemberian makanan pendamping, sekitar 7-8 bulan sehingga sudah mulai muncul gigi, bubur untuk bayi promina ini sengaja dirancang dengan teksturnya yang sedikit kasar. Dengan adanya tekstur yang sedikit kasar ini, dinilai mampu menstimulasi kemampuan bayi akan mengunyah dan juga menggigit. Selain itu juga dapat menstimulasi pertumbuhan pada gigi lainnya.

  1. SUN Baby Milk Cereal Ubi Ungu

Baru baru ini juga bubur bayi SUN mengeluarkan varian akan kandungan ubi ungu. Produk SUN juga telah dikenal dengan harganya yang terjangkau, namun tetap mengedepankan kualitas sehingga banyak bayi yang juga menyukai bubur SUN ini. Teksturnya yang cukup lembut tentunya sangat baik untuk pencernaan bayi yang baru mengenal makanan pendamping.

  1. Nestle Cerelac Bubur Susu Sayuran

Nah, ini adalah alternatif solusi bila Anda ingin mengenalkan makanan pendamping yang mengandung serealia dan sayur sayuran. Dengan produk ini pula, bayi akan mendapatkan manfaat dari berbagai vitamin, minyak ikan dan juga mineral, serta tingginya kandungan zat besi pada sayur-sayuran.

 

  1. Yummy Bites Cereal Cheesy Vegetable with Pasta

Tentunya ini menjadi alternatif solusi bagi bayi Anda yang kurang suka makan. Dengan perpaduan keju dan pasta yang lezat, tentunya membuat bayi Anda akan makan lebih lahap.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan, Moms?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *