Bagaimana Sih Cara Membuat Film Pendek yang Mudah dan Antiribet?

Film adalah salah satu hiburan yang diminati oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Menonton film menjadi salah satu aktivitas rutin ketika penat melanda, khususnya bagi masyarakat urban yang mudah mengakses bioskop. Bagi masyarakat non-urban ataupun suburban yang agak sulit mencari dan mengakses bioskop, film pun tetap menjadi alternatif hiburan. Biasanya, ketika mereka ingin menonton film tetapi jauh dan malas ke bioskop, mereka akan menonton film secara online ataupun secara gratis di laptop maupun personal computer (PC) dengan men-downloadnya. Sebab, di era teknologi informasi ini, cara download film di laptop menjadi sangat mudah.

Kita cukup mengakses web yang khusus untuk streaming dan download film. Biasanya ketika kita mengeklik salah satu film yang kita sukai, di bawahnya akan ada tombol yang memudahkan kita untuk download film tersebut. Kalaupun tidak ada, kita bisa memakai beberapa fitur tambahan yang bisa kita tambahkan sendiri ke laptop kita, seperti idm (internet download manager) ataupun savenet.

Bagi kamu yang secara khusus mencintai dan menyukai film-film Indonesia, kamu pun tidak perlu gusar. Film Indonesia memang lebih sebentar diputar di bioskop. Biasanya, hanya film Indonesia yang sangat laris yang bisa diputar sampai berminggu-minggu di bioskop. Sisanya yang sepi penonton, akan turun layar dalam hitungan hari. tidak peduli itu bagus atau tidak secara kualitas filmatografi.

Untuk kamu yang ingin mengakses film-film yang kamu lewatkan tersebut, kamu bisa streaming secara online di beberapa web lengkap yang menyediakan film Indonesia seberpti layarkaca21. Cara download film Indonesia pun cenderung mudah. Kamu tinggal klik film yang kamu sukai dan di bawahnya tertera tombol download, sama seperti mendownload film pada umumnya di laptop. Jika kurang puas dengan kecepatannya, kamu bisa download idm atau aplikasi penunjang lainnya.

Lantas, bagaimana jika kita ingin menonton film buatan sendiri? Tentunya, kamu semua bisa membuat film pendek yang kamu kehendaki lewat laptop kamu sendiri, baik untuk dilombakan, dikonsumsi secara pribadi, ataupun disebar untuk publik.

Biasanya, film pendek ini lebih populer untuk para youtuber yang suka ngevlog bukan? Tapi untuk kamu yang masih pemula, cara membuat film pendek bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari. Kami akan membagi tips-tips dan langkah-langkah mudahnya ya.

Namun, sebelum itu, kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang memang diperlukan sebelum kamu mengolahnya di laptop kamu. Pertama, kamu harus menyiapkan naskah atau skrip sebagai panduan ataupun acuan kamu untuk menyusun video yang kan kamu buat agar video kamu tidak berantakan dan lebih terkonsep. Kedua, kamu perlu menyiapkan latar atau setting yang pas untuk film pendek kamu, jangan asal-asalan jika hasilnya ingin baik. Ketiga, kamu siapkan alat-alat penunjang serta aksesori yang mendukung pembuatan film kamu, termasuk kostum.

Apabila semuanya sudah terpenuhi, kamu berarti tinggal merekamnya dan mengolahnya melalui laptop kamu. Berikut beberapa langkah selanjutnya.

  1. Kamu perlu menggunakan dan membuka aplikasi khusus untuk edit video. Misalnya saja dalam hal ini, Adobe Premiere Pro.
  2. Kemudian, input video-video per scene yang telah kamu siapkan.
  3. Proses editing adalah menyusun scene per scene dan kemudian membubuhkan beberapa latar belakang suara ataupun input suara baru agar suara lebih jernih.
  4. Jika proses-proses tersebut sudah disusun rapi, kamu tinggal melakukan rendering video kamu. Sebelum di-render, pastikan video kamu sudah kamu play dan benar sudah sesuai. Proses rendering akan membuat format video kamu berubah ke format video, seperti AVI, MP4, MPEG, atau MOV, dan tidak akan bisa diedit kembali.
  5. Ketika proses rendering selesai, maka video atau film pendek yang kamu buat telah selesai pula.

Itu tadi beberapa paparan cara membuat film pendek yang bisa kamu jadikan referensi. Siap untuk meluncurkan film pendek kreasimu?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *