Bahaya Kecanduan Sosial Media Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Seiring perkembangan internet, lahirlah berbagai sosial media atau sosmed. Kehadiran jejaring sosial ini menawarkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan saling berinteraksi dalam masyarakat di dunia maya. Sosmed akan memberi Anda pengalaman seru yang menyenangkan. Namun, terlalu asyik bermain sosmed bisa menimbulkan kecanduan. Sehingga justru menimbulkan hal-hal negatif seperti jadi malas belajar, tidak konsen saat bekerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut diuraikan bahaya kecanduan sosial media sekaligus dengan cara mengatasinya.

Bahaya Kecanduan Sosial Media Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Bahaya kecanduan sosial media

  1. Depresi dan Cemas yang Berlebihan

Sosmed, bisa menjadi media bagi seseorang untuk menunjukkan sisi kehidupan mereka. Mulai dari saat sedih hingga semua diumbar. Awalnya Ekspresi seperti ini memang menjadi hal positif namun, saat porsinya telah berlebihan akan cenderung berdampak negatif yang berubah menjadi tekanan. Berbagai kondisi yang terlihat dan ditemukan dalam sosmed bisa menimbulkan gelisah, cemas, depresi, terutama bagi yang sudah kecanduan.

  1. Gangguan Mata

Terlalu lama mengakses sosmed bisa berakibat buruk pada indera penglihatan. Terlebih jika main sosmednya sambil tiduran, maka akan membuat mata cepat lelah, dan memicu munculnya penyakit yang bisa merusak mata.

  1. Gangguan Tidur Akut

Mengakses sosmed saat tengah bersantai memang hal lazim. Namun, orang yang sudah kecanduan tak pernah luput dari gadget untuk melihat akun-akun sosmednya. Bahkan bisa sampai 24 jam waktunya habis hanya untuk bermain-main di sosmed. Tak ayal hal ini akhirnya mengganggu jam tidur. Jika dibiarkan, kebiasaan seperti itu pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jika jam tidur terganggu, maka tidak menutup kemungkinan kurang tidur, dan berpengaruh ke pelajaran, pekerjaan, dan lainnya.

  1. Tingkat Stres Lebih Tinggi dan Emosi Tidak Stabil

Kurang tidur bisa memicu untuk mudah mengalami stres. Sehingga berpengaruh ke aktivitas dan Produktivitas jadi terganggu. Kondisi ini bisa semakin parah oleh tekanan kerja yang tinggi, bahkan masalah pribadi lainnya. Akhirnya menimbulkan tingkat emosi yang cenderung berubah-ubah atau tidak stabil.

  1. Lelah Berlebihan dan Sulit Konsentrasi

Masih berkaitan dengan kurang tidur yang jelas-jelas bisa mengganggu kesehatan. Dampaknya, akan muncul rasa lelah berlebihan dan Tingkat konsentrasi menurun. Selain itu, saat manjelani rutinitas harian akan kerap mengantuk dan tubuh tidak fit.

  1. Cuek Terhadap Lingkungan dan Orang Sekitar

Saat ini banyak terlihat orang yang sedang makan di cafe, namun tidak bercengkrama satu sama lain dan justru sibuk dengan gadgetnya masing-maisng. Kecanduan sosmed bisa memperburuk sikap seseorang pada lingkungan sekitarnya. Seolah-olah dunia milik diri sendiri seorang, sehingga sikapnya cenderung cuek dengan sekitar.

Solusi Mengatasi Kecanduan Sosmed

  1. Punya Tekad Kuat untuk Berubah

Mulailah dengan memahami masalah kecanduan yang sedang dialami dan dampak buruknya. Setelah itu, tekadkan diri untuk memperbaiki diri dan berubah, termasuk tujuan yang jelas dalam proses perubahan ini. Sehingga proses Ini mengatasi gangguan kecanduan sosmed menjadi lebih mudah dan tetap terarah.

  1. Gunakan Sosmed dengan Bijak

Agar waktu tidak untuk mengakses berbagai hal di sosmed, Pilihlah sumber berita atau informasi yang lebih tepat dan akurat selain sosmed. cara ini akan menuntun Anda pada penggunaan sosmed yang bijak. Kontrol yang baik saat bersosmed, tentu akan menghilangkan kecanduan tersebut.

  1. Batasi Waktu Online

Anda bisa membatasi waktu untuk online di sosmed. Jika selama ini dalam sehari Anda 24 jam akses sosmed, maka mulailah membuka sosmed saat waktu senggang setelah pulang kantor saja. Anda juga bisa menyibukkan diri dengan melakukan berbagai rutinitas harian lain yang menyenangkan.

  1. Luangkan Waktu dengan Orang Terdekat

Luangkan waktu lebih banyak dengan keluarga, saudara, atau dengan sahabat-sahabat terkasih anda bisa merencanakan pergi ke bioskop, makan di luar, dan lainnya. Perasaan senang saat melakukannya secara perlahan akan mengalihkan perhatian dari sosmed.

  1. Lakukan Hobi yang Seru

Cobalah untuk kembali menekuni hobi lebih aktif untuk menekan keinginan bermain di sosmed. Luangkan waktu untuk aktivitas bermanfaat lain yang belum sempat direalisasikan, seperti mengunjungi kerabat, mendaki gunung, membuat kue kesukaan keluarga, dan lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *