Beberapa Manfaat Kesehatan dari Olahraga Pagi yang Bisa Anda Peroleh

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang harus dipenuhi agar tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan jenis apa saja sesuai dengan kegemaran Anda. Namun jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal atau bahkan fokus untuk menurunkan berat badan, maka sangat disarankan untuk melakukan olahraga pagi secara rutin. Mengapa demikian? Mari kita simak penjelasannya sebagai berikut.

Beberapa Manfaat Kesehatan dari Olahraga Pagi yang Bisa Anda Peroleh

Rutinitas yang Cukup Mudah

Sebagian masyarakat umumnya jarang melakukan olahraga karena berbagai faktor, salah satunya adalah kesibukan bekerja dan kegiatan lainnya. Namun beberapa studi mengatakan jika mengalami kendala seperti di atas, maka biasakanlah melakukan rutinitas olahraga pagi sebelum berangkat bekerja sehingga tidak akan mengganggu aktivitas lainnya.

Olahraga pagi yang dapat dipilih yakni lari pagi karena akan membakar kalori sekitar 295 dengan kecepatan 8 km/jam. Selain itu Anda juga dapat memiliki berjalan kaki dengan kecepatan 5,5 km/jam yang dapat membakar 140 kalori. Lakukan aktivitas tersebut dengan rutin minimal 3 kali seminggu dengan waktu sekitar 60-90 menit. Jika Anda masih pemula disarankan untuk 10 menit saja per harinya. Anda juga dapat memilih olahraga lain seperti berenang, yoga, bersepeda atau angkat beban yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga pagi memberikan banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi hormon tertentu dalam tubuh sehingga Anda akan mengontrol pola makan. Selain itu metabolisme tubuh juga akan semakin lancar sehingga berat badan Anda akan tetap seimbang dan ideal. Hal ini juga akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki program penurunan berat bedan.

Terdapat studi yang menyebutkan bahwa pada wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih akan memiliki kualitas tidur yang baik jika rutin berolahraga di pagi hari selama +/- 60 menit seminggu.

Tips Mengawali Olahraga Lari Pagi

Sebelum memulai lari pagi sebaiknya Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi buah, yoghurt atau jus sekitar 30 menit sebelum olahraga pagi. Hal ini untuk menghindari rasa pusing dan lelah saat perut kosong.
  2. Lakukan peregangan otot sebelum lari pagi agar tidak mengalami cedera.
  3. Lakukan pendinginan seusai lari pagi selama beberapa saat. Tarik nafas dalam-dalam dan istirahatkan tubuh selama 1 hingga 2 menit sebelum melakukan aktivitas lainnya.
  4. Anda dapat mengunjungi pusat kebugaran agar motivasi olahraga Anda juga meningkat.
  5. Lakukan olahraga secara rutin walaupun di akhir pekan. Lari pagi harus dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan khususnya bagi para pemula. Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, darah tinggi atau kolesterol tinggi konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memulai olahraga.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *