Beberapa Tips Diet Karbohidrat yang Perlu Kamu Ketahui

Menurunkan berat badan dengan cara melakukan diet sering dilakukan oleh banyak wanita demi mendapatkan tampilan badan yang ideal. Tak jarang diantaranya yang menerapkan berbagai tips diet menurunkan berat badan dari berbagai sumber dan menerapkannya. Ada yang berhasil dan ada juga yang langsung menyerah dengan tujuan dietnya. Banyak jenis diet yang populer akhir-akhir ini diantaranya ada diet atkins, diet zona, diet ketogenik, diet vegetarian, hingga diet karbohidrat.

 Beberapa Tips Diet Karbohidrat yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi yang masih bingung ingin menerapkan diet jenis yang mana, pilihan diet karbohidrat bisa menjadi pilihan yang bagus. Sebelum melakukan diet karbohidrat, perbaiki terlebih dahulu persepsi tentang diet yang satu ini. Banyak yang mengartikan bahwa diet karbohidrat adalah diet tanpa mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Anggapan ini sungguh salah, karena melakukan diet karbohidrat tetap mengharuskan mengkonsumsi karbohidrat tetapi dengan mengurangi jumlah porsinya.

 

Seperti yang kita ketahui karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama sebagai sumber energi yang utama. Setelah dikonsumsi, karbohidrat akan terpecah menjadi zat gula yang terserap darah sebagai glukosa atau gula darah. Glukosa bermanfaat sebagai sumber energi utama. Produksi glukosa berlebih akan disimpan di dalam hati, otot, sel tubuh ataupun sel lain yang juga bisa diubah menjadi lemak. Karena hal inilah, tepat sekali melakukan diet karbohidrat untuk mengoptimalkan proses dalam tubuh untuk membakar lemak sebagai sumber energi tanpa menimbunnya. Beberapa tips diet karbohidrat berikut ini perlu kamu ketahui sebelum menjalankannya, antara lain:

Porsi diet karbohidrat.

Umumnya asupan karbohidrat per orang dibatasi antar 60-130 gram yang mengandung 240-520 kalori. Untuk makanan dalam kemasan akan lebih mudah untuk mengetahui jumlah karbohidrat yang terkandung. Untuk cara lain, Anda bisa memperkirakan jumlah karbohidrat yang terkandung dari porsinya. Masyarakat Indonesia umumnya mengkonsumsi nasi, jadi jika melakukan diet karbohidrat kurangi porsi nasi harian. Cukupi kebutuhan tubuh dengan asupan makanan berprotein, seperti sayur, daging, ayam, dan ikan. Banyak studi menunjukkan bahwa penurunan berat badan lebih optimal dengan konsumsi makanan tersebut.

 

Jenis makanan yang diperbolehkan untuk diet karbohidrat.

Makanan yang diperbolehkan antara lain daging ayam tanpa kulit, susu, telur, ikan, daging asap ataupun kukus, keju tanpa lemak, sayur-sayuran tanpa santan, buah-buahan berserat seperti apel, pir, pepaya dan makanan yang berasal dari protein nabati seperti tempe, tahu, susu kedelai serta kacang-kacangan.

Baca Juga : SERAT BAIK UNTUK ANDA YANG DIET

Jenis makanan yang tidak diperbolehkan untuk diet karbohidrat.

Menghindari makanan yang di pantang, juga salah satu tips diet yang harus dipenuhi. Melakukan diet karbohidrat juga harus berpantang untuk jenis makanan tertentu, antara lain daging yang berlemak, jeroan, sayur-sayuran yang diolah dengan santan yang kental, gula merah, sirup, buah-buahan yang diolah dengan tambahan gula atau susu seperti alpukat, makanan bersantan, serta kacang-kacangan yang digoreng.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *