Beda Rasa Bingka Dengan Bika Ambon

Sebagian besar orang-orang melayu percaya bahwa Bika Ambon di Medan memang memiliki bahan yang hampir sama. Ini diperkuat dengan pernyataan sejarawan dan budayawan M Muhar Omtatok. Menurutnya Bika dari Medan memang diilhami oleh Bika atau Bingka khas kerajaan Melayu. Sekalipun cerita lain seputar Bika ini memiliki banyak versi. Hal yang terpenting ialah citra rasa yang tetap terjaga dan khas.

Bingka meruapakan makanan yang erat kaitannya dengan kerajaan melayu, ini adalah sisi historis dari suatu kuliner khas suatu daerah. Makanan ini sangat lembut dengan aroma pandan yang kuat, di beberapa daerah di kepulauan Riau Bingka mulai dibuat dengan taburan keju dan coklat. Tentu bentuk dari Bingka sendiri berbentuk loyang dengan enam kelopak bunga.

Bingka dari Melayu sendiri sudah sangat beragam, ketika Anda berkunjung ke Malaysia. Di kota seperti Kuala Lumpur dapat ditemukan berbagai Bingka dijajakan, ada Bingka jagung, Bingka ubi, dan Bingka pandan. Masih banyak jenis Bingka yang disediakan di Malaysia. Di Indonesia Bingka memang kalah terkenal dengan kue Bika dari Medan. Tetapi untuk kawasan Riau, Kepulauan Riau hingga Malaysia, kue Bingka tetap menjadi kue favorit dengan rasa gurih dan manis.

Di daerah Pekanbaru Bingka berbentuk seperti Bolu Kemojo dengan cetakan loyang enam kelopak bunga. Dibeberapa titik jajanan di Pekanbaru ada Bingka Kentang yang enak dan unik. Bingka kentang ini merupakan makanan khas Banjar berupa kue basah.  Secara histori Bingka Banjar disajikan dalam acara-acara khusus suku Banjar.

Di kota Batam paling populer ada Bingka Bakar khas Melayu, dengan harga bervariasi dan juga varian rasa yang sudah banyak. Bingka Bakar menjadi makanan serta oleh-oleh ketika berkunjung ke Batam. Tidak sulit menemukan Bingka di Riau dan sekitarnya, namun tentu rasa dan bahan Bingka memang sedikit berbeda.

Baca juga: CITRA RASA BIKA AMBON KHAS MEDAN

Bingka memiliki perbedaan dengan Bika Ambon, Bika dari Medan biasanya lebih berpori dan lembut. Bahan tambahannya juga berbeda dengan adanya air nira atau tuak enau. Bika dari Medan juga memiliki bentuk yang berbeda dengan Bingka. Tentu Bika khas batak ini sudah sangat populer di bandingkan Bingka Melayu.

Bika dan Bingka secara bahasa sama saja bagi orang melayu. Namun, rasa dan selera untuk jenis kue basah ini tentu berbeda. Sebagian masyarakat menganggap Bingka memilki nilai historis yang lebih elegan, diakitkan dengan kerajaan Melayu. Sedangkan Bika lebih pada sisi keunikan dalam nama. Nama Bika Ambon tentu menjadi daya tarik yang pas. Kenapa makanan Ambon ada di Medan. Bagi masyarakat yang belum tahu, sisi penamaan ini sungguh menarik untuk dicari kebenarannya. Makanan tradisional nusantara sangat beragam, diantaranya Bika Medan dan Bingka dari Medan dan wilayah Melayu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *