Begini Cara Mengecilkan Ukuran Foto JPG Mudah dan Praktis

Jika kamu ingin mengupload sebuah artikel atau mengenai daily activity melalui blog, IG, ataupun FB, tentunya akan lebih menarik jika tulisan tersebut diberikan gambar untuk memperjelas artikel tersebut. Agar tidak terlalu lama apabila menguploadnya dan menghabiskan banyak kuota, sebaiknya kamu mengompres fotomu terlebih dahulu. Cara kompres foto tersedia offline ataupun online, tentunya dengan beragam aplikasi mulai dari web atau android.

Kompres foto online juga tidak sesulit kompres foto secara offline, di web tersebut sudah ada berbagai fitur yang memudahkan kamu untuk memahami instruksi dan secara efektif mengompres fotomu.

So, berikut cara mengecilkan ukuran foto JPG dengan mudah secara online dan offline :

  1. PC

Cara mengompres yang pertama adalah menggunakan PC. Bila kamu terbiasa mengompres foto dengan cara offline maka aplikasi Caesium bisa kamu manfaatkan. Aplikasi ini bisa sampe mengompres foto sampai 90%. Selain itu, kompresor ini mempunyai fitus resize dan konversi format.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kamu bisa mengompres foto dengan jumlah foto semau kamu. Untuk menggunakan Caesium, berikut langkahnya :

  • Buka aplikasi Caesium dan klik tombol add yang berfungsi untuk mengunggah foto yang akan diperkecil.
  • Setelah foto berhasil diunggah, maka kamu bisa langsung mengatur quality atau rasio yang kamu inginkan. Semakin kecil quality yang kamu pilih maka ukuran foto akan semakin ringan.
  • Jangan lupa untuk mengatur di bagian folder mana foto akan tersimpan, agar nanti tidak bingung untuk mencarinya.
  • Yang terakhirnya, kamu bisa klik compress! Untuk memperkecil ukuran fotomu dan untuk membuka hasil foto yang telah dikompres, kamu bisa klik kanan bagian gambar dan klik open destination folder dan kamu akan bisa melihat fotomu secara langsung.
  1. Online

Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengompres foto, mulai dari Compress.io, Reduce Photo, Tinypng, dan lainnya.  Walaupun dinamakan aplikasi Tinypng, namun aplikasi ini bisa memperkecil foto dengan format jpg juga. Berikut cara mengecilkan ukuran foto JPG menggunakan aplikasi Tinypng.

  • Yang pertama adalah buka terlebih dahulu situs aplikasi ini di tinypng.com.
  • Setelah terbuka, kamu bisa klik tanda mengunduh (panah ke bawah) untuk memilih mana saja foto yang akan kamu perkecil. Di bagian bawah tanda unduhan, kamu akan diberikan informasi bawah bahwa batas maksimal untuk mengupload gambar adalah 20 dengan maksimal ukuran gambar adalah 5 MB.
  • Kemudian, kamu tingggal menunggu hasil kompres foto selesai dan unduh foto pada bagian download jika proses kompresi telah selesai. Jika tadi kamu mengupload gambar dalam jumlah banyak, maka kamu bisa klik download all dan file akan terunduh dalam bentuk arsip.
  1. Android

Selain PC, aplikasi di android juga mendukung untuk melakukan kompresi pada foto.  Kamu bisa mencari aplikasi tesebut di play store. Salah satu aplikasi yang bisa kamu download adalah photo compress. Berikut cara menjalankannya :

  • Pastikan kamu telah mendowload aplikasi ini di playstore. Kemudian klik download dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Jika sudah selesai, buka aplikasi dan pilih galery jika kamu ingin mengambil foto yang ingin kamu kompres ini galery hp, dan pilih camera jika ingin mengompres foto dari hasil kamera jepretan langsung.
  • Kemudian kamu bisa tap tanda compress dan tentukan kualitas gambar yang diinginkan. Jika kamu mengaturnya terlalu tinggi maka akan mempengaruhi kualitas foto, sehingga kamu bisa memilih quality 60%.
  • Kemudian klik compress.

 

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi kompres foto lainnya di PC, online, ataupun di android. Dengan hadirnya aplikasi tersebut, tentunya akan mempermudahmu untuk mengepost ataupun mengupload foto di berbagai media.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *