Begini Cara Menghilangkan Ketombe yang Harus Kamu Perhatikan!

Selain jerawat, masalah tubuh yang terkait dengan tidak dijaganya kebersihan adalah ketombe. Hal ini dikarenakan, rasa malas yang dituruti seseorang dapat membuat kondisi kepala yang kotor akan menjadi penyebab ketombe dan apabila rasa malas tersebut berkelanjutan, maka ketombe di kulit kepala akan semakin parah.

Menurut data National Institute of Health, separuh orang dewasa dunia pernah mengalami kondisi kulit kepala berketombe, di mana ahli dermatologi dan kesehatan kulit yakni Dr. Debra Jaliman menambahkan bahwa penyebab ketombe tersebut awalnya ditandai dengan pengelupasan kulit yang tidak maksimal sehingga sel-sel kulit mati menumpuk di kepala dan menjadi serpihan putih yang menimbulkan rasa gatal.

Cari informasi lain mengenai ketombe di https://review.bukalapak.com/beauty/ini-perbedaan-ketombe-dengan-kulit-kepala-kering-dan-cara-tepat-mengatasinya-4260

Atas dasar banyaknya orang dewasa yang mengalami ketombe tersebut, tentunya banyak orang yang akan berusaha mencari cara menghilangkan ketombe. Apabila kamu termasuk di dalamnya, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Stres berkepanjangan
C6E4GF USA, New Jersey, Jersey City, Young woman working in office. Image shot 2011. Exact date unknown.

Stress, menjadi pemicu utama akan datangnya ketombe pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan stress yang dialami oleh seseorang akan mengakibatkan perubahan hormone di dalam tubuh. Hormon serotonin, jenis formon yang berfungsi sebagai anti depresan tubuh akan tak berfungsi saat stres melanda pikiran sehingga kulit kepala akan menghasilkan sebum atau minyak berlebih. Apabila hal ini terjadi dalam rentang waktu yang lama, maka dapat dipastikan Sang Ketombe akan bersuka cita hadir di kulit kepalamu. Cara menghilangkan ketombe yang menjadi kunci hanya satu, yakni jangan stress!

  1. Tak menjaga kebersihan rambut

Selain stres, hal yang menjadi pemicu utama akan datangnya ketombe adalah kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan rambut. Hal ini dikarenakan, selain wajah, rambut merupakan bagian tubuh yang melakukan kontak pertama dengan debu dan kotoran sehingga kurangnya menjaga kebersihan rambut akan menyebabkan menumpuknya debu dan kotoran di kulit kepala. Bila perlu, sediakan vitamin rambut atau serum untuk memberikan nutrisi lebih pada rambut. Pada pria yang menggunakan helm, disarankan untuk memakai penutup kepala sebelum memakai helm agar keringat tak bercampur dengan kuman yang ada di dalam helm yang menjadi penyebab ketombe.

  1. Diet

Siapa yang menyangka bahwa diet bisa menjadi penyebab hadirnya ketombe? Ya, mungkin diet akan memberikan hasil yang diinginkan dalam hal timbangan, dan diet-diet tertentu akan memberikan hasil yang baik pada kesehatan. Namun hal yang perlu diwaspadai adalah, pola diet yang dijalani seseorang kadang akan memunculkan alergi terhadap zat tertentu, di mana pengaruhnya adalah ke hormon dalam tubuh.

Dapat dipastikan bahwa ketidakseimbangan hormone tersebut akan menyebabkan kulit kepala kehilangan kontrolnya terhadap minyak berlebih. Maka dari itu, konsultasikan pola diet yang benar dan konsumsilah vitamin B, zat besi dan makanan pendamping diet lainnya ya!

  1. Menggunakan produk perawatan rambut yang tak cocok

Di masyarakat, salah satu alasan datangnya ketombe yang kerap ditemui adalah penggunaan produk perawatan rambut yang sebenarnya tak cocok untuk kulit. Sama halnya dengan kulit wajah, beberapa orang juga memiliki jenis kulit kepala yang sensitif, atau kering dan jenis kulit lainnya.

Penggunaan produk perawatan yang sembarangan akan mengakibatkan ketidakcocokan pada kulit kepala sehingga reaksi awal yang ditimbulkan adalah adanya ketombe. Jadi, sebelum memilih produk perawatan rambut yang tepat, upayakan mengetahui jenis kulit kepalamu terlebih dahulu ya! Agar produk yang dibeli jadi tepat sasaran.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *