Begini Cara Menghilangkan Minyak pada Wajah Anda yang Benar!

Komedo atau jerawat kecil adalah kondisi tersumbatnya pori-pori kulit wajah oleh kotoran, minyak, dan kulit mati. Ketiga hal tersebut merupakan penyebab komedo yang paling sering ditemukan pada kulit wajah orang Indonesia.

Baca selengkapnya untuk tahu penyebab komedo sering muncul di hidung.

Kondisi wajah ini lama-kelamaan akan menjadikan kulit Anda rentan berjerawat serta kusam. Pada jenis kulit berminyak, komedo yang tak tertangani dengan baik akan menjadi jerawat yang meradang. Hal ini dikarenakan kelenjar sebaceous yang berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit tak mampu melakukan tugasnya.

Bila ingin tahu bagaimana caranya agar kondisi kulit berminyak Anda membaik? Mari simak ulasan berikut ini ya!

  1. Bersihkan wajah secara teratur

Cara menghilangkan minyak pada wajah yang pertama adalah Anda harus rajin membersihkan wajah secara teratur. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan kelenjar minyak dalam mengontrol minyak di wajah akan membuat wajah Anda mudah kotor dan mudah terkena debu luar. Pembersihan wajah secara teratur akan membuat kulitmu terhindar dari reaksi yang dihasilkan oleh tertutupnya pori-pori karena minyak berlebih yang terlalu lama.

Selain itu, pembersihan wajah secara teratur akan membantu kulit beregenerasi lebih cepat. Dalam pembersihan wajah untuk kulit berminyak, gunakanlah sabun wajah yang memiliki tingkat absorbsi minyak yang baik.

  1. Penuhi cairan tubuh

Hal yang tak kalah penting adalah hidrasi tubuh. Ya, apabila Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, Anda membutuhkan cairan tubuh yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kulit lain. Hal ini dikarenakan pemilik kulit berminyak memiliki kelenjar minyak yang terus-menerus memproduksi minyak berlebih pada kulit Anda.

Bila cairan tubuh tak terpenuhi, maka tubuh Anda akan mengalami dehidrasi yang akan menyebabkan wajah lengket dan terlihat sangat kusam. Selain itu, hidrasi menjadi penting karena kondisinya yang cukup akan membantu kulit anda untuk mengontrol produksi minyak secara perlahan dari dalam.

Adapun untuk tahu berapa cairan yang dibutuhkan tubuh adalah anda cukup mengalikan berat tubuh Anda dengan 50 cc. Hasil perkalian tersebut kemudian Anda bagi 1.000 untuk menghasilkan berapa liter idealnya cairan yang harus masuk ke tubuh. Jadi, jangan malas untuk minum ya!

  1. Memakai produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Selain membersihkan wajah dengan teratur dan melakukan hidrasi yang cukup pada tubuh, anda dapat menambahkan penggunaan produk masker sebagai salah satu cara menghilangkan minyak pada wajah. Akan tetapi, perhatikanlah kandungan yang tertera pada kemasan produk agar Anda tak salah beli nantinya. Hal ini dikarenakan penggunaan produk yang salah akan membuat wajah berjerawat parah.

Bahan-bahan yang biasanya digunakan pada masker untuk kulit berminyak adalah kaolin, mint, charcoal, dan berbagai jenis lumpur lainnya. Penggunaan bahan-bahan tersebut tak lain tak bukan adalah karena memiliki tingkat absorbsi yang tinggi untuk jenis kulit berminyak. Pada beragam jenis produk, Anda juga akan menemukan kandungan lain seperti vitamin a, vitamin c, madu, protein, ekstrak bunga, dan bahan-bahan alami lainnya yang berfungsi untuk melembabkan wajah serta membantu mencerahkan kembali wajah berminyak.

Demikianlah cara untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah Anda. Kondisi kulit berminyak mungkin belum dapat dilihat perbandingannya secara instant, namun apabila dilakukan secara rutin, Anda akan merasakan perubahan perbaikan pada kondisi kulit berminyak anda secara berkala. Jadi, selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *