Benarkah Orang Tua Penyebab Punahnya Mainan Tradisional? Simak Ulasannya Berikut Ini!

 

Berkembangnya jaman memang membawa segala perkembangan ke jaman yang modern dan lebih canggih. Sama halnya dengan kecanggihan teknologi yang telah menggantikan mainan tradisional menjadi mainan modern. Tentunya Anda juga bisa merasakan betapa bahagianya jaman dahulu saat masih bermain dengan permainan tradisional yang serba apa adanya, dan hal ini pun tidak mengurangi rasa kebahagiaan bagi anak-anak yang melakukannya, justru hal ini pun dapat membuat anak lebih kreatif untuk menciptakan permainan yang seru dengan tangannya sendiri.

Namun sayangnya perkembangan teknologi telah menggantikan permainan tradisional dengan permainan yang lebih modern dan lebih keren lagi. Akan tetapi meskipun perkembangan jaman sudah berkembang dengan kecanggihan teknologi yang lebih modern, namun tidak jarang diantara masyarakat yang hidup dijaman dahulu merasa rindu dengan permainan tradisional. Perubahan jaman yang menjadikan permainan tradisional ini hampir punah ternyata tidak terlepas dari yang namanya penyebab atau alasan.

 Benarkah Orang Tua Penyebab Punahnya Mainan Tradisional? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Namun tahukah Anda? Bahwa penyebab dari punahnya mainan tradisional ini pun disebabkan karena pihak orang tua. Kenapa bisa begitu? Berikut penjelasannya:

  1. Karena terputusnya komunikasi orang tua dengan anak yang menjadikan penyebab dari punahnya permainan tradisional, karena orang tua tidak memberitahukan permainan tradisional kepada anaknya, sehingga anak yang lahir dijaman modern tentunya tidak mengetahui keseruan permainan tradisional.
  2. Kurangnya lahan bermain atau lapangan juga menjadi penyebab punahnya permainan tradisional, karena jika melakukan permainan tradisional membutuhkan lahan yang cukup besar seperti lapangan atau halaman rumah yang luas.
  3. Masuknya jenis permainan yang lebih modern dan lebih canggih dengan tampilan yang lebih menarik juga menjadikan faktor penyebab dari punahnya permainan tradisional, dan orang tua lebih tertarik memberikan permainan modern dibandingkan dengan permainan tradisional.

Meskipun perkembangan jaman sudah mulai berkembang dengan kecanggihan yang mampu menarik perhatian anak-anak, namun perlu untuk diketahui, bahwa untuk permainan tradisional menjadi kekayaan budaya lokal yang sangat disayangkan jika harus punah dijaman sekarang ini. Meskipun permainan tradisional ini dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, namun permainan ini pun juga tidak mengurangi rasa kebahagiaan bagi anak-anak yang bermain.

 Baca juga http://www.aktivitasrutin.com/

Sedangkan kebanyakan dari orang tua cenderung lebih memberikan jenis mainan yang lebih modern, dan juga lebih canggih, hal yang sangat disayangkan sekali yaitu banyak para orang tua yang menjadikan gadget sebagai salah satu alat permainan anak, padahal gadget mampu memberikan dampak buruk bagi anak, termasuk mampu memberikan masalah interaksi sosial, mengalami gangguan komunikasi, menurunkan sikap empati bahkan hingga adanya gangguan kesehatan. Sehingga punahnya dari mainan tradisional ini, orang tua juga menjadi penyebabnya, sehingga jadilah orang tua yang baik yang tidak hanya mengajarkan anak melalui permainan modern saja, melainkan mengajarkan anak untuk mengetahui jenis permainan tradisional juga sangatlah penting.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *