Berbagai Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengolah Makanan

Hal yang tak kalah penting dari pola makan sehat adalah mengolah makan lalu menyimpannya agar tetap aman dan segar. Biasanya untuk mengurangi adanya kontaminasi dan menjaga makanan agar tetap aman, orang-orang akan mengikuti panduan menyimpan makanan dengan cara yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan makanan Anda dan terhindar dari penyakit. Beberapa hal tersebut adalah kebersihan, pemisahan, memasak dan juga pendinginan.

Berbagai Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengolah Makanan

Kebersihan

  • Cuci tangan dengan sabun dan air

Basahi tangan Anda lalu cuci dengan menggunakan sabun. Sebaiknya dicuci dengan menggunakan air hangat apabila tersedia. Kemudian, gosoklah kedua tangan Anda selama 20 detik. Setelah tangan Anda selesai dibilas dengan bersih, dilanjutkan mengeringkannya dengan menggunakan handuk.

  • Bersihkan permukaan tempat menyimpan/mengolah makanan

Selanjutnya, permukaan tempat penyimpanan makanannya dibersihkan menggunakan air panas. Lalu ditambahkan dengan cairan klorin sebanyak satu sendok makan tanpa menggunakan pewangi yang selanjutnya dicampur dengan satu liter air yang digunakan untuk membersihkan permukaan.

  • Bersihkan kulkas seminggu sekali

Setidaknya seminggu sekali, keluarkan makanan dari kulkas yang sudah tidak layak dimakan. Masak bahan tersisa yang akan dibuang setelah 4 hari; daging unggas mentah bisa bertahan 1 sampai 2 hari.

  • Jaga alat masak agar tetap bersih

Sebelum menggunakan peralatan masak Anda untuk mengolah makanan, sebaiknya membersihkan alat masak Anda baik bagian luar maupun dalamnya. Perhatikan kembali tombol atau pegangan yang biasanya sering Anda pegang.

  • Bilas produk

Sebelum dimakan atau diolah, sebaiknya baik buah atau sayuran dibilas dulu dengan air. Jadi ketika hendak dimakan, dipotong atau dimasak akan tetap higienis. Bahkan bagi Anda yang mengupas makanan tersebut sebelum dimakan, sebaiknya membilasnya dulu sampai bersih untuk mencegah perpindahan mikroba ke dalam makanan.

Memisahkan

  • Pisahkan makanan saat berbelanja

Sebelum mengolah makanan, letakkanlah lebih dulu seafood mentah, daging, dan unggas ke dalam plastik kemasan lalu menyimpannya pada bagian kulkas.

  • Pisahkan makanan saat menyiapkan dan menyajikan makanan

Sebelum mengolah makanan, biasakan untuk menggunakan telenan yang bersih dan sebaiknya dibedakan mana yang seafood mentah, daging dan daging unggas. Jangan pernah meletakkan makanan yang sudah dimasak dalam piring yang digunakan untuk makanan mentah.

Masak dan dinginkan

  • Gunakan pengukur suhu ketika memasak

Mengukur suhu makanan dilakukan untuk memastikan apakah makanan tersebut aman untuk dimasak dan apakah matang pada suhu yang aman.

  • Periksa suhu internal makanan

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah terjadinya penyakit adalah melakukan pemeriksaan suhu internal untuk makanan seperti seafood, daging, daging unggas hingga telur. Sebaiknya Anda memasak daging pada suhu 62 derajat celcius. Untuk menjaga keamanan dan kualitasnya, diamkan daging tersebut selama 3 menit sebelum dimakan. Daging unggas atau kalkun sebaiknya dimasak pada suhu 73 derajat celcius. Sedangkan daging sapi, babi, domba mentah dimasak pada suhu 71 derajat celsius.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *