Berbagai Makanan ini Ternyata Menjadi Rahasia Awet Muda

Awet muda merupakan keinginan semua orang. Kulit tetap kenyal tak keriput, sehat dan halus merupakan impian bagi orang-orang yang bisa dibilang tak muda lagi. Untuk mempunyai kulit yang sehat, halus dan kencang Anda perlu menghindari paparan partikel bebas yang berbahaya. Salah satu rahasia awet muda adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan untuk mengusir dan menolak partikel-partikel bebas yang berbahaya dari tubuh. Berikut merupakan makanan yang dapat membuat Anda awet muda jika mengkonsumsinya secara rutin.

Berbagai Makanan ini Ternyata Menjadi Rahasia Awet Muda

 

Cokelat

Cokelat ada beberapa jenis. Salah satunya adalah cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung antioksidan flavonoid, yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Dalam suatu penelitian, dengan mengoleskan cocoa butter pada kulit akan menjaga kelembapan dan keelastisan kulit.

Ikan yang Kaya akan Omega-3

Omega-3 dapat kita temukan di ikan-ikan-an seperti tuna dan salmon. Omega-3 dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengobati peradangan kronis dan meningkatkan mood. Untuk mendapatkan kulit yang kencang dan sehat, anda harus mengkonsumsi ikan setidaknya 170 gram per minggu. Selain pada ikan-ikan an, Omega-3 juga dapat Anda temukan pada kenari, telur beromega-3, minyak kanola dan flaxseed.

Teh Hijau

The hijau terkenal akan kandungan antioksidan polifenol EGCG yang tinggi. Antioksidan yang terkandung dalam the hijau mampu memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet yang merusak kulit, membantu memperbaiki kerusakan yang ada, mencegah kerusakan DNA dan membuat tubuh tetap terhidrasi.

Sayuran dan Buah-Buahan Berwarna

Makanan yang menjadi rahasia awet muda lainnya adalah sayuran dan buah-buahan berwarna. Sayur dan buah yang berwarna mengandung banyak antioksidan dan mampu mencegah kerusakan kulit. Contohnya seperti blueberry, wortel, tomat merah dan sayuran hijau, bahkan buah anggur mengandung antioksidan yang tinggi dan mampu menurunkan risiko penuaan tinggi pada kulit.

Kemudian sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin E dan C juga mengandung antioksidan yang tinggi dan membantu kulit menjadi tampak lebih muda. Vitamin E akan membantu melembapkan ulit. Sedangkan vitamin C akan menciptakan kolagen yang membantu kulit menjadi tetap kenyal. Suatu penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi sayuran berwarna hijau dan kuning dapat membantu mencegah timbulnya keriput. Jadi jangan lupa untuk menambahkan sayur dan buah-buahan pada menu makan Anda.

Makanan Utuh

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan utuh mampu menurunkan penuaan dini pada kulit dan munculnya kerutan. Contoh makanan utuh adalah buah-buahan, sayur, telur, yogurt, kacang-kacangan, the, air mineral, dan minyak dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal. Jika dibandingkan dengan orang-orang yang mengkonsumsi daging merah (terutama daging olahan), kentang, mentega, susu, orang-orang yang mengkonsumsi makanan utuh lebih kecil mempunyai risiko munculnya kerutan dan penuaan dini pada kulit. Hal tersebut terjadi karena makanan utuh mengandung fitokimia, lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *