Berbagai Penyebab Ruam dan Bercak Merah Pada Kulit Tidak Gatal, Apakah Berbahaya dan Bagaimana Mengatasinya?

Tanpa disadari, terkadang sebagian orang pernah mengalami ruam pada kulit wajah maupun tubuh yang ditandai dengan bintik-bintik merah.  Ruam atau bercak merah pada kulit merupakan peradangan dan sebuah kondisi perubahan warna pada kulit.

Ruam kulit sendiri biasanya muncul dengan ditandai timbulnya benjolan, kulit bersisik dan mengelupas, munculnya bercak merah yang menimbulkan rasa gatal maupun bercak merah pada kulit tidak gatal. Ruam kulit tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti alergi, efek samping dari penggunaan kosmetik atau obat, alasan kesehatan, maupun alasan lain, seperti:

  1. Dermatitis Atopik

Eksim atopik atau dermatitis atopik merupakan peradangan yang terjadi pada permukaan kulit yang bisa menimbulkan ruam atau bercak merah pada kulit tidak gatal hingga ruam yang disertai rasa gatal. Ruam atopik ini biasanya berwarna kemerahan serta menyebabkan kulit pecah-pecah karena kering.

Meskipun dermatitis atopik ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi eksim atopik ini biasanya lebih sering dialami oleh anak-anak. Gejala eksim atopik tersebut biasanya akan muncul di bagian kulit yang berada pada lipatan tubuh.

  1. Dermatitis Kontak

Berbeda dengan dermatitis atopik, dermatitis kontak ini terjadi karena kulit mengalami kontak dengan bahan atau subjek yang bisa memicu terjadinya alergi. Beberapa zat atau bahan yang bisa memicu terjadinya dermatitis kontak tersebut seperti kosmetik, sabun, pewangi, perhiasan, tanaman, bunga, dan bahan lainnya hingga radiasi Hp.

Sebenarnya sangat penting untuk terlebih mengetahui penyebab dari dermatitis kontak tersebut agar bisa menghindarinya serta mencegah terjadinya ruam atau bercak merah pada kulit tidak gatal menjadi bercak disertai rasa gatal. Dibandingkan dengan penyebab ruam lainnya, biasanya dermatitis kontak ini akan lebih mudah sembuh dan menghilang dalam jangka waktu 2-4 minggu saja.

  1. Dermatitis Seboroik

Tidak hanya menyebabkan bercak merah pada kulit tidak gatal ataupun gatal, tapi dermatitis seboroik ini malah bisa berkembang biak atau menyebar sangat cepat dan parah di seluruh tubuh. Dermatitis seboroik ini biasanya akan mengenai kulit kepala serta kulit pada bagian tubuh lainnya yang terdapat kelenjar minyak yang tinggi.

Gejala dari dermatitis ini berupa kulit yang terkelupas, merah, kulit terasa gatal dan perih. Sedangkan jika menyerang kulit kepala, dermatitis ini akan nampak seperti ketombe.

  1. Ruam Popok

Selain terjadi pada remaja atau dewasa, ruam ini justru kerap terjadi pada bayi maupun lansia yang menggunakan popok. Ruam popok ini biasanya terjadi pada permukaan kulit bokong dan ditandai dengan warna merah terang.

Selain beberapa penyebab tersebut, faktor lain yang mempengaruhi terjadinya bercak merah pada kulit tidak gatal ataupun disertai rasa gatal yaitu karena infeksi jamur, sengatan dan gigitan, cacar air, impetigo, kurap, alergi obat, campak, rubella, dan  masih banyak lagi.

Adapun cara mengatasinya tergantung pada penyebab ruam itu sendiri. Nah, berikut beberapa cara menghilangkan ruam yang bisa Anda lakukan:

  1. Menjaga Kebersihan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat terkena ruam tentu harus meningkatkan kebersihan diri. Karena ada beberapa jenis ruam yang terjadi karena kurang terjaganya kebersihan diri maupun barang-barang yang dikenakan. Selain bersih, usahakan juga untuk selalu menjaga kulit Anda tetap berada pada kelembaban yang normal.

Jika ruam Anda terjadi karena alergi terhadap bahan atau zat lainnya seperti radiasi hp, sebaiknya segera mengurangi pemakaian ponsel terlalu lama, karena salah satu bahaya radiasi HP juga bisa mengakibatkan ruam atau bercak merah pada kulit tidak gatal atau gatal.

  1. Pengobatan Herbal atau Tradisional

Jika sudah menjaga kebersihan tapi ruam tersebut belum kunjung menghilang, maka Anda bisa memanfaatkan pengobatan tradisional seperti menggunakan kayu manis, pala, kunyit, es batu, minyak zaitun, cuka apel, oatmeal, teh chamomile, daun mint, dan lain-lain.

  1. Pengobatan Medis

Nah, jika beberapa cara di atas sudah Anda lakukan tapi ruam tersebut masih belum menghilang, maka sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter yang ahli dibidangnya.

Meski terkadang hanya terlihat seperti hal sepele, tapi sebaiknya Anda tidak mengabaikan ruam atau bercak merah pada kulit tidak gatal tersebut. Karena jika tidak segera ditangani, ruam tersebut bisa menjalar sangat cepat di seluruh tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *