Berikut 4 Tips Meningkatkan Keselamatan Saat Menikmati Arum Jeram

Mau pemula ataupun yang sudah memiliki segunung pengalaman tetap saja olahraga arum jeram atau rafting memiliki resiko yang tinggi. Maka pastikan untuk menyiapkan diri dengan baik agar keselamatan selama menikmati olahraga ini lebih terjamin. Olahraga yang memacu adrenalin memang terbukti efektif menghentikan stress sehingga banyak dijadikan pilihan oleh mereka yang merasa tertekan dengan rutinitasnya sepanjang minggu. Beberapa juga memilih olahraga ini karena hobi, jadi kesukaan terhadap olahraga-olahraga ekstrim menemukan haluannya di rafting ini.

Berikut 4 Tips Meningkatkan Keselamatan Saat Menikmati Arum Jeram

Tips Meningkatkan Keselamatan Saat Rafting

Namanya saja olahraga ekstrim sudah tentu resiko mengalami kecelakaan parah hingga terenggut nyawanya tetap ada. Demi meningkatkan keselamatan diri baiknya simak beberapa tips berikut ini:

  • Memastikan tubuh dalam kondisi prima,

Salah satu tindakan berbahaya yang mengancam keselamatan selama melakukan rafting maupun olahraga ekstrim lainnya, adalah memaksakan kondisi tubuh. Tubuh Anda adalah milik Anda dan hanya Anda pula yang paham apakah dalam kondisi prima atau tidak. Rafting tidak hanya sekedar olahraga namun juga menuntut kekuatan fisik, jadi jangan paksa tubuh sakit Anda untuk melakukannya kalau masih mau melihat matahari besok pagi.

  • Sudah memakai perlengkapan dengan baik,

Olahraga arum jeram juga membutuhkan beberapa atribut untuk meningkatkan kenyamanan sekaligus keamanan selama menikmatinya. Sebagaimana dengan olahraga ekstrim lainnya, perlengkapan ini menjadi sangat wajib untuk dikenakan dan pastikan dalam kondisi lengkap serta dalam kondisi baik. Mintalah instruktur untuk memeriksa perlengkapan Anda untuk memastikan terpasang dengan benar dan dalam kondisi yang baik. Mulai dari baju, pelampung, helm, dan lain sebagainya yang bisa menjaga Anda tetap aman selama rafting.

  • Jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu,

Selama rafting kemungkinan besar tubuh akan banyak bergerak dan mengeluarkan banyak tenaga agar kegiatan mendayung bisa lebih maksimal. Maka usahakan untuk tidak lupa melakukan pemanasan untuk menghindari kemungkinan lengan ataupun kaki mengalami cedera. Sebab selama menyusuri sungai dengan aliran deras dan bebatuan di sekitarnya bisa membuat tubuh perlu melakukan gerakan ekstra. Jika olahraga standar saja mewajibkan ada jam pemanasan, bagaimana mungkin di dalam rafting agenda ini dihapuskan? Maka jangan sampai terlupa dan saling mengingatkan.

  • Mengatur posisi dan juga gerakan selama rafting,

Posisi Anda dijamin akan berada di tepi perahu, baik di ujung depan, tengah, ataupun di ujung belakang. Usahakan untuk tidak duduk di tengah perahu karena bisa membuatnya kehilangan keseimbangan dan kemudian menjadi oleng. Tetaplah duduk di bagian tepi perahu dan genggam dayung dengan baik sesuai posisi Anda berada. Kemudian jangan asal menggerakkan dayung kalau tidak mau terjadi apa-apa, pahami teknik mendayung perahu dengan baik sehingga keselamatan selama arum jeram lebih terjamin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *