Berikut Adalah Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Tidak Perlu Dibeli

Menantikan kelahiran anak pertama tentu menjadi hal yang paling mendebarkan sekaligus menyenangkan. Bagaimana tidak, ibu pasti akan sangat antusias dalam menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Apalagi ditambah saat ibu mengunjungi toko perlengkapan bayi, semua barang pasti tampak imut dan menggemaskan. Diperparah dengan era teknologi seperti zaman sekarang, ibu pasti juga banyak melihat-lihat barang barang bayi di toko daring. Memang hal hal dasar seperti bak mandi bayi, perlak, dan baju bayi sudah harus dipersiapkan. Namun karena kurangnya pengalaman dan termakan oleh tawaran penjual perlengkapan bayi baru lahir, ibu juga jadi membeli banyak barang kurang diperlukan. Barang tersebut baru diketahui tidak perlu atau jarang dipakai setelah bayi lahir.

Nah, agar hal serupa tidak terjadi pada ibu, ibu ada baiknya mencari tahu barang-barang apa yang tidak terlalu perlu. Jika budget keluarga tidak terlalu banyak, lebih baik tidak membeli barang barang berikut :

  1. Ranjang bayi dan baby bouncer

Kita pasti sering membayangkan nantinya bayi kita akan tidur lelap dan nyaman dalam ranjang bayi. Nanti jika menangis, cukup diletakkan di baby bouncer, kemudian bayi akan berhenti menangis dan nantinya akan segera terlelap kembali. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk tidur bersama bayinya dalam satu ranjang. Hal ini dinilai lebih praktis saat bayi terbangun karena ibu tidak perlu bangkit untuk menuju ranjang bayi. Selain itu, dalam dekapan ibu bayi juga akan tidur lebih pulas.

Begitu juga dengan baby bouncer atau alat yang digunakan untuk mengayun bayi. Alih alih merasa nyaman dengan kehadiran bouncer tersebut, beberapa bayi justru lebih rewel dan ujung-ujungnya, ibu akan menggendong bayi secara manual. Jika ibu bersikeras ingin menggunakan kedua benda tersebut, ada baiknya mencoba terlebih dahulu lewat persewaan alat dan perlengkapan bayi yang saat ini banyak menawarkan jasa secara daring.

Free-shipping-multifunctional-electric-rocking-chair-baby-bouncer-baby-swing-chair-baby-rocker.jpg (867×867)

  1. Bak mandi dengan berbagai indikator

Sangat fancy sekali bukan, saat memandikan anak, ibu juga bisa melihat berapa berat badan anak terkini dan berapa suhu air yang digunakan saat memandikan. Padahal, jika ingin diuraikan, fitur-fitur tambahan dalam bak mandi yang fancy tersebut tidaklah terlalu berguna. Jika ibu ingin menimbang anak, ya cukup timbang saja di timbangan biasa. Atau untuk menentukan suhu air, tidak semua anak memiliki preferensi yang sama. Ibu bisa mengira-ngira pada awalnya kehangatan air yang sesuai untuk bayi yaitu hangat suam-suam kuku. Nantinya sambil berjalannya waktu, ibu akan merasa terbiasa untuk mendeteksi suhu air kesenangan anak. Oleh karena itu, ada baiknya jika ibu memilih membeli bak mandi bayi plastik biasa.

  1. Alat pembuat makanan bayi (baby food maker)

Meski masa MPASI masih panjang, ada beberapa ibu yang telah menyiapkan peralatan MPASI juga sejak jauh hari. Saat ini banyak yang menawarkan alat pembuat makanan bayi. Baik itu yang berupa steamer dan blender yang menjadi satu, atau pun slow cooker. Tapi percayalah bahwa alat-alat tersebut sebenarnya tidak terlalu berguna. Jika ibu sudah memiliki blender di rumah, itu sudah lebih dari cukup untuk membantu menghaluskan makanan.

Beaba-Babycook-Baby-Food-Maker.jpg (500×495)

  1. Sepatu Bayi

Terkadang kita terlalu terobsesi untuk mendandani buah hati kita setampan dan secantik mungkin. Namun sebenarnya, kita memberikan barang-barang yang belum mereka perlukan. Seperti salah satunya adalah sepatu. Apakah seorang bayi sudah bisa berjalan? Tentu belum kan? Nah, untuk menjaga penampilan bayi ibu tetap menarik, cukup berikan saja kaos kaki yang menghangatkan kakinya dengan motif yang lucu. Harganya juga tidak semahal sepatu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *