Berikut Daftar Aplikasi Cek Kesehatan Tubuh Untuk Smartphone

Kesehatan adalah hal terpenting yang menjadi tanggung jawab diri sendiri untuk menjaganya. Kesehatan dapat kita jaga dengan cara meningkatkan olahraga dan makan makanan yang sehat. Kesehatan tidak hanya bisa dirawat dengan peralatan medis, akan tetapi dengan teknologi yang menciptakan aplikasi cek kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Aplikasi-aplikasi tersebut diciptakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran tubuh.

Daftar aplikasi kesehatan untuk smartphone yang direkomendasikan antara lain;

  1. WebMD

Aplikasi WebMD didesain secara khusus untuk membantu seseorang dalam mengakses informasi mengenai kesehatan tubuh. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui tanda-tanda suatu penyakit, mencari informasi tentang obat yang tepat untuk penyakit tertentu, serta mengetahui cara penanganan pertama suatu penyakit. WebMD merpakan aplikasi cek kesehatan tubuh yang dilengkapi dengan fitur ‘symptom tracker’ yang akan membantu anda dalam memutuskan apakah kondisi kesehatan anda perlu penanganan khusus atau tidak.

  1. iPharmacy

iPharmacy merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetahui informasi tentang obat-obatan, anda bisa menggunakan iPharmacy. Aplikasi ini akan membantu anda untuk memilih jenis obat yang tepat untuk sakit yang anda derita. Anda juga bisa mengetahui dimana tempat untuk membeli obat tersebut, cara dan aturan mengonsumsi obat yang benar, bahkan anda bisa mengetahui harga obat tersebut di pasaran.

  1. Breathe2Relax

Breathe2relax merupakan aplikasi yang cocok untuk anda yang sering merasa cemas, gelisah, dan mudah marah. Aplikasi ini akan memberikan instruksi untuk melakukan pernafasan diafragma apabila perasaan tersebut terjadi. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi rasa stres yang anda alami. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan video yang bisa anda putar untuk memandu anda dalam melakukan teknik pernafasan yang diikuti dengan alunan lagu yang menenangkan.

  1. SAM (Self Help for Anxiety Management)

SAM merupakan aplikasi yang didesain untuk menjaga kesehatan mental. Aplikasi mampu mengontrol rasa khawatir dan cemas yang berlebihan. Bahkan aplikasi ini dapat mengetahui tingkat kecemasan dan juga penyebabnya. Aplikasi ini menyediakan fitur closed community yang mana anda bisa melakukan interaksi dan meminta bantuan kepada orang lain yang mengalami hal sama dengan anda.

  1. Calm

Calm merupakan aplikasi yang membuat tidurmu lebih berkualitas. Aplikasi ini memiliki dua fitur utama yaitu Sleep dan Calm. Fitur sleep akan membantu anda untuk menenangkan diri dan fitur calm akan membantu anda bermediasu dan berpikir positif.

  1. Pzizz

Pzizz merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk anda yang mengalami kesulitas tidur. Aplikasi ini mengkombinasikan program neurolinguistik, efek suara, lagu yang menenangkan pikiran, dan binaural beats yang akan membuat anda merasa rileks.

  1. LoseIt

LoseIt merupakan aplikasi kesehatan untuk smartphone yang akan membantu anda dalam menaikkan dan menurunkan berat badan. Aplikasi mampu merekam asupan kalori, pola makan, rencana diet, dan memberikan informasi tentang olahraga yang bisa dilakukan di waktu luang. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang dapat mengingatkan anda tentang makanan yang boleh dan tidak boleh di makan untuk menjaga pola makan anda.

  1. MyFitnessPal

Sama seperti aplikasi LoseIt, aplikasi ini juga didesain untuk membantu dalam mengontrol berat badan dengan cara menganalisis pola makan dan asupan kalori yang masuk dalam tubuh, menyediakan rencana diet sesuai dengan pola makan, dan menyediakan olahraga yang mudah untuk anda lakukan.

  1. Endomondo Sports Tracker

Endomondo Sports Tracker adalah aplikasi untuk lari yang digunakan untuk melakukan olahraga diluar ruangan seperti bersepeda, berjalan, dan berlari. Aplikasi ini dilengkapi dengan GPS yang membantu untuk memonitor arah dan jarak yang anda lewati. Endomondo sports tracker juga dilengkapi degan fitur yang dapat menghitung jumlah kalorinyang terbakar selama berolahraga.

  1. RunKeeper

RunKeeper merupakan aplikasi lari yang dilengkapi dengan fitur instruksi suara yang bisa anda dengarkan melalui earphone atau headphone yang akan memberikan petunjuk secara jelas. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur counter untuk mendeteksi denyut jantung dan fitur musik yang akan menemani olahraga anda.

Demikian adalah aplikasi untuk kesehatan dan kebugaran yang bisa anda unduh di smartphone berbasis Android ataupun IOS yang akan membantu anda dalam menjaga kesehatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *