5 Keuntungan Jalankan Bisnis di Dunia Online

Perkembangan dunia online jaman sekarang membawa dampak positif di hampir semua sendi kehidupan, salah satunya adalah ekonomi dan bisnis. Meraup keuntungan dengan bisnis online sudah bukan hal yang sulit lagi.

  • Tanpa batas waktu.

Berbisnis secara online, baik menjual produk fisik maupun jasa menjadi sangat menguntungkan sebab segala sesuatunya dapat kita lakukan tanpa mengenal batasan waktu. 24 jam waktu tersedia untuk Anda yang ingin memasarkan segala macam produk atau jasa dan melakukan transaksi finansial seperti menerima pembayaran barang dari customer.

  • Tanpa batasan tempat.

Berjualan secara offline atau berjualan dengan cara tradisional sama saja dengan berjualan secara konvensional dan sulit berkembang karena hanya di tempat itu saja, katakanlah toko atau kios. Berbeda dengan berjualan secara online, Anda tidak terikat batasan tempat. Selama ada koneksi internet dan gadget seperti handphone atau laptop, maka Anda tetap bisa menjalankan bisnis Anda. Anda bahkan tak harus bertatap muka dengan customer Anda. Selain itu, berbisnis online tak terbatas pada media sosial pribadi usaha kita saja, melainkan bisa pada situs dan forum jual beli online.

Baca Juga: 6 MANFAAT DUNIA ONLINE BAGI MASYARAKAT

  • Kemudahan dalam strategi marketing.

Setiap produk barang atau jasa pasti memiliki target pasarnya tersendiri, ada yang bisa menjangkau semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua seperti usaha kuliner, ada yang hanya menjangkau kalangan tertentu saja seperti fashion dan seterusnya. Dengan memanfaatkan dunia online, Anda akan semakin diuntungkan karena lebih mudah membidik target pasar untuk produk barang/jasa Anda tersebut, misalkan bisa langsung masuk di forum-forum komunitas atau media sosial yang populer sehingga bisa menjaring lebih banyak pelanggan.

  • Efisiensi biaya operasional.

Kelebihan lain dari berjualan online adalah Anda bisa memanfaatkan beragam situs jual beli online gratis atau dengan media-media sosial yang ada, ini lebih efisien dari segi biaya operasional jika dibandingkan dengan beriklan di media-media seperti koran, radio dan televisi. Selain itu, lebih efisien juga menjaring pembaca/penonton iklan kita sebab hampir semua orang akan mengakses internet setiap hari bahkan setiap saat.

  • Memudahkan pengelolaan SDM.

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini adalah karyawan atau pegawai juga lebih mudah dikelola jika kita berbisnis dalam dunia online, sebab yang dibutuhkan hanyalah beberapa divisi saja, seperti Customer Service yang bisa merangkap admin sekaligus marketing dan bagian packing serta pengiriman. Namun pertimbangkan juga mempekerjakan beberapa orang lagi jika sekiranya usaha Anda sudah cukup berkembang atau mulai ramai, hal ini terkait dengan pelayanan prima terhadap para konsumen, salah satunya adalah dengan memberikan layanan cepat tanggap (fast response).

 

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *