Dunia Bisnis, Dunia Saing Menguntungkan

Dunia bisnis memang telah menjadi primadona bagi semua kalangan. Tidak tanggung, tua dan muda sangat meminati golongan pekerjaan ini. Apa yang dicari memang merupakan alasan pribadi bagi setiap orang yang mengerjakan. Katanya, dipekerjakan oleh seseorang bukan hal yang cukup memuaskan hasrat dan idealisme bagi beberapa dari mereka. Dan akhirnya, kerumunan orang berbondong-bondong berbisnis karena alesan tersebut. Ada juga yang menganggap bisnis adalah hal yang cepat atau lambat menguntukan walaupun tidak jarang membuntungkan. Bisnis menguntungkan menjadi iming-iming paling dasar dalam langkah mengawali kegiatan mereka dalam bidang ini.

Terjun ke dunia bisnis diakui banyak gamblingnya. Terbukti, kesiapan yang dilakukan tidak main-main. Salah strategi, salah perkiraan atau salah perhitungan akan menghasilkan sesuatu yang malah jauh dari untung. Ada yang beruntung tidak salah strategi, perkiraan dan perhitungan, tetapi dilakukan dengan tidak stabil dan konsisten. Akibatnya, bisnis menguntungkan akan tetap jadi harapan belaka. Nyali yang kuat ternyata tidak cukup menjadi fondasi yang dapat diterima oleh konsumen.

Selain strategi dan nyali, pebisnis harus cukup unik untuk menjual produk atau jasanya. Diibaratkan, jika seekor kambing berbondong-bondong untuk menengok ke kanan, pikiran pebisnis mesti bergaya unik dengan menengok ke kiri. Tetapi, semua kambing sekarang sudah menjadi unik dengan menengok ke segala arah, maka pebisnis mesti memutar otak kembali menjadi unik dengan cara berubah warna atau bahkan terbang. Begitu sederhananya ibarat yang menggambarkan dunia bisnis yang semakin marak dan penuh persaingan. Karena hal tersebut, sering ditekankan berkali-kali, kalau pebisnis mesti menjadi kreatif untuk mengahadapi persaingan pasar yang semakin kreatif pula. Pemikiran pebisnis akan dua langkah lebih maju dari konsumen dan tiga langkah lebih maju dari pesaingnya. Segala sesuatu yang akan terjadi tidak mudah ditebak dan pebisnis sangat mempersiapkan diri untuk hal-hal tersebut. Semuanya, semata-mata untuk mengecap bisnis menguntungkan bukan membuntungkan.

Bisnis bukan hanya memberikan keuntungan berupa materi. Non-materi pun bisa digapai dalam kegiatan berbisnis. Selain pengalaman yang berlimpah, dunia bisnis menyajikan berbagai macam manfaat yang tidak bisa dipetik dari bidang lain. Administrasi, keuangan, kehidupan bermasyarakat, bersosialisasi, psikologi dan banyak hal yang dipelajari dalam dunia bisnis. Hal itu menjadikan pebisnis sebenernya mempunyai nilai yang menguntungkan juga dibanding sekadar materi. Dibalik bisnis menguntungkan, ada makna lain. Keuntungan yang didapat mungkin berupa harga yang tidak dapat diuangkan, materi merupakan bonus karena proses yang dialami sudah sebegitu memberikan pelajaran bagi kehidupan dibanding uang. Walaupun tidak menyangkal, uang memang dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup. Tapi, keberadaan nilai-nilai selain uang dapat dilihat sebagai langkah yang baik untuk proses berkehidupan selanjutnya. Berbisnis lagi atau membangun relasi terus menerus untuk kesiapan langkah ke depan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *