Jurus Jitu Cegah Pelanggan Melirik Toko Online Indonesia yang Lain

Toko Online Indonesia
Toko Online Indonesia

Dengan berkembangnya dunia online sekarang ini memang menunjukkan hal-hal yang begitu luar biasa, sekarang ini semua sektor bisnis melirik pasar potensial. Banyak pebisnis yang terjun di dunia online, sehingga persaingan akan begitu ketat. Persaingan yang sangat ketat ini akhirnya menjadikan pemilik toko online Indonesia dirundung kekhawatiran. Mereka takut bila pelanggan melirik toko online lainnya. Seperti bisnis offline lainnya, berbagai usaha sejenis memang sering sekali muncul dan membuat persaingan serta potensi berpindahnya pelanggan akan semakin besar.

Lantas, bagaimana cara untuk membuat pelanggan tidak berpindah ke toko lainnya? Cara pertama, Anda mulai

Kepercayaan Toko Online Indonesia
Kepercayaan Toko Online Indonesia

membangun kepercayaan. Berbelanja secara online memang membuat pembeli tidak dapat mencoba dan melihat produk yang akan mereka beli secara langsung. Oleh karena itu, agar dapat membuat konsumen atau pengunjung merasa yakin dengan toko online Anda, Anda harus mampu membangun sebuah kepercayaan. Anda dapat membangun interaksi dengan konsumen. Bagaimana caranya? Hadirkan testimoni yang kuat dan berikan komentar yang baik di media sosial. Jangan lupa untuk selalu mendeskripsikan barang dengan jelas dan rinci.

Kedua, usahakan toko online Indonesia yang Anda miliki dapat diakses dengan waktu yang cepat. Saat Anda memiliki sebuah toko jangan biarkan para pengunjung menunggu waktu yang lama hanya untuk mengakses toko Anda. lamanya waktu yang digunakan untuk membuka situs Anda dapat membuat pelanggan atau pengunjung menjadi kesal. Karena rasa kesal dan jengkel inilah nantinya pengunjung akan berpindah ke toko-toko lainnya. Lantas, bagaimana cara yang dapat dilakukan agar situs lebih cepat di buka? Anda dapat mencoba memaksimalkan kecepatan akses situs dengan menggunakan dukungan server yang memberikan kemudahan penyimpanan data di dalam kapasitas yang lebih besar.

website toko online
website toko online

Ketiga, desain website Anda bukan hanya untuk sekedar berjualan. Cara ini dapat Anda lakukan. Jangan hanya sekedar berjualan di website namun berikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan terlebih dahulu. Banyak toko online yang selalu saja mengedepankan jualan dibandingkan dengan informasi yang diberikan. Lebih baik Anda memberi sebuah informasi atau pelayanan terlebih dahulu, setelah memberikan pelayanan nantinya dengan mudah pelanggan akan datang pada Anda. Anda dapat menghadirkan blog di toko online Anda, berbagai info serta pengetahuan yang lebih bermanfaat dapat Anda tampilkan di sini. Dengan menggunakan blog, situs Anda juga lebih cepat terlihat di mesin pencari.

Terakhir, jangan membuat toko online yang ribet. Semua pembeli tidak ingin ribet dalam membeli sebuah barang. Saat mengunjungi toko Anda untuk berbelanja, mereka juga tidak ingin ribet. Mereka lebih menyukai sebuah online shop yang tidak ribet dan lebih simpel. Buat toko online yang responsif, hindari menggunakan warna yang berlebihan, tampilan dari situs juga harus simpel dan menarik, bahkan sistem navigasi juga harus mendukung pembaca, maksimalkan konsep yang responsif pada toko Anda.

Persaingan toko online Indonesia dari waktu ke waktu memang semakin ketat. Sebagai seorang pengusaha tentu kita harus siap untuk menghadapinya. Agar pelanggan tetap setia dan tetap loyal, Anda dapat selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, selain kepuasan pelanggan tetap stabil dalam pelayanan juga diperlukan. Jangan sampai karena semakin banyak pengguna jasa Anda. Pelayanan yang Anda berikan malah justru semakin menurun tidak semakin meningkat. Oleh karena itu usahakan agar Anda tetap loyal pada pelanggan agar pelanggan berbuat sebaliknya pada toko Anda.

Be Sociable, Share!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *