Melirik Peluang Usaha Laundry

Peluang Usaha Laundry
Peluang Usaha Laundry

Saat ini banyak orang yang semakin sibuk dengan pekerjaannya. Mulai dari pagi buta hingga larut malam mereka sangat sibuk mengerjakan pekerjaan kantor. Sehingga mereka sering kali melupakan urusan pribadinya seperti membersihkan rumah, mencuci dan sebagainya. Kesibukan mereka sebenarnya bisa dijadikan peluang usaha bagi mereka yang mampu menangkap peluang. Salah satu peluang bisnis yang bisa diambil dari kesibukan mereka adalah memberikan jasa laundry. Laundry adalah jasa mencuci baju, boneka, sprei dan masih banyak lagi.

Laundry menjadi usaha menjanjikan karena saat ini banyak orang yang tak sempat meluangkan waktu untuk mencuci. Sehingga agar tak repot mereka cenderung memilih jasa laundry untuk membersihkan pakaiannya. Ada beberapa hal yang membuat seseorang lebih memilih jasa laundry daripada mencuci sendiri, diantaranya:

  • Mudah dan praktis.
  • Tidak membuat badan lelah karena mencuci.
  • Bisa mencuci baju dalam jumlah banyak sekaligus.
  • Lebih menghemat air dan listrik.

Peluang usaha laundry juga dianggap menjanjikan karena keuntungan yang dihasilkan cukup banyak. Bahkan beberapa pengusaha laundry berskala kecil mengatakan jika keuntungan yang diperoleh bisa mencapai jutaan rupiah. Selain itu modal yang dibutuhkan untuk membuka laundry juga tak banyak. Anda hanya perlu membeli mesin cuci tabung depan, pewangi, sabun cuci, setrika dan beberapa hanger saja. Modal lain yang diperlukan juga adalah ketersediaan air dan listrik untuk mengoperasikan mesin cuci.

Pada awal membuka bisnis ini, sebaiknya kerjakan segalanya sendirian saja. Jangan terburu-buru menambahkan karyawan karena pada awal membuka usaha ini Anda belum mengetahui omzet pasti dari usaha laundry. Pilih tempat usaha yang sekiranya menjanjikan pendapatan besar. Misalnya dengan mendirikan laundry yang berdekatan dengan kantor ataupun kampus. Berikan harga yang menarik serta masuk akal. Hal ini dimaksudkan untuk menjaring konsumen agar mau menggunakan jasa laundry Anda. Agar lebih hemat lebih baik gunakan sabun cuci kiloan dan pewangi yang dijual secara literan. Meskipun dijual secara kiloan bukan berarti sabun tersebut tidak bisa membersihkan pakaian yang di laundry. Gunakan sumber air yang bersih dan jernih sehingga tidak mengubah warna pakaian.

Bila peluang usaha ini ternyata berkembang dan mendatangkan pendapatan besar maka barulah Anda menambahkan karyawan untuk laundry yang dikelola. Teruslah melakukan inovasi sehingga tidak ditinggalkan oleh konsumen. Inovasi yang bisa dicoba oleh pengusaha laundry antara lain menyediakan jasa antar jemput pakaian yang akan dilaundry. Berikan bonus bagi pelanggan setia seperti menggratiskan tarif setelah beberapa kali mencuci di laundry Anda. Jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik. Sebaiknya pisahkan antara modal dan keuntungan laundry. Jangan gunakan seluruh keuntungan untuk diri sendiri. Sisihkan beberapa persen untuk menyewa tempat dan memperbaiki mesin cuci laundry apabila rusak.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *