Membuka Toko di Media Sosial Internet Online

aktivitasrutin-com-internet-online

Internet (interconnection-networking) yang tujuan awal dibuatnya adalah untuk kebutuhan militer, merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi untuk kemudian menyebarkan data ke seluruh penggunanya. Online adalah keadaan komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Internet online sudah menjadi kebutuhan sehari-hari hampir seluruh manusia di jaman modern ini. Mudahnya akses informasi untuk membaca berita dunia, bersosialisasi, jual-beli, pemesanan sarana transportasi dan keperluan lainnya yang didapatkan melalui internet menjadikan aktifitas lebih praktis dan efisien. Yang kini masih dan semakin marak adalah menjamurnya pengusaha yang membuka toko di media sosial internet online.

Banyak pengusaha khususnya anak muda yang sekarang tidak bekerja di kantor karena dapat bekerja di rumah atau di mana saja mereka berada, cukup dengan menggunakan internet online. Harga jual yang dapat diturunkan karena tidak perlu membayar biaya sewa toko dan gaji pegawai juga menjadi daya tarik bisnis online. Segala keperluan primer, sekunder dan tersier bisa dijadikan produk dagang. Bagi Anda yang ingin merintis bisnis online melalui media termudah yaitu media sosial, beberapa tips berikut dapat Anda aplikasikan.

Pertama, Anda harus memahami betul siapa target market Anda dan produk apa yang akan dijual. Sebisa mungkin mengerucutkan produk dagangan anda agar spesifik dan khas. Maka konsumen nantinya tidak kewalahan melihat barang dagangan yang ada. Misalnya Anda ingin menjual produk fashion untuk wanita usia remaja sampai dewasa, pilihlah item-item tertentu semisal khusus sepatu dan tas wanita saja atau blouse, t-shirt, dan jaket wanita saja.

Kemudian, pastikan barang dagangan Anda berkualitas cukup bagus dengan harga yang sepadan. Pastikan juga sumber produk Anda terpercaya dalam menjaga konsistensi kualitas, kuantitas dan tenggat.

Baca juga: RAGAM ISTILAH DALAM BISNIS DUNIA ONLINE

Pasang foto dengan kualitas pencahayaan yang baik, gambar terlihat jelas dan semenarik mungkin dari berbagai angle agar meningkatkan minat pembeli karena penilaian barang jualan via internet online adalah 90% secara visual. Jangan sampai foto Anda blur atau terlalu kecil. Jangan juga memasang foto yang tidak asli atau tidak sesuai dengan keadaan barang yang sesungguhnya.

Pada setiap foto yang Anda pajang, sertakan juga rincian penting dan jujur seperti kualitas, jenis bahan, ukuran, jumlah dan varian warna barang yang tersedia, dan harga. Sehingga pembeli dapat lebih mudah dalam memilih barang dan Anda tidak akan kerepotan oleh borongan pertanyaan yang itu-itu saja dari calon pembeli. Anda juga harus menyertakan nomor kontak yang aktif di biodata toko online Anda.

Promosikan toko online Anda kepada teman, kenalan dan semua link yang bisa Anda raih dari mulut ke mulut dan via media sosial. Follow juga akun-akun media sosial sesama penjual online.

Responsif terhadap setiap konsumen. Anda dapat menyertakan keterangan jam kerja aktif Anda di biodata toko online. Selalu berlaku ramah dan profesional. Pelayanan yang baik akan meningkatkan minat pembeli dan nama baik toko online anda.

Pengiriman barang yang cepat dan dengan keadaan terbungkus rapi dan aman akan menjadi nilai plus bagi toko online anda. Kepercayaan dan kepuasan pembeli adalah kesuksesan anda.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *