Pengertian dn Keuntungan Menjalankan Bisnis Internet atau Online

Ada banyak bisnis internet dari jenis usaha rumahan yang bisa Anda jadikan pilihan. Seperti namanya usaha rumahan adalah usaha yang prosesnya bisa dikerjakan dirumah. Menjalankan bisnis rumahan sangat praktis dan modalnya tidak terlalu besar. Bahkan ada bisnis internet rumahan yang tidak mengeluarkan sama sekali. Salah satunya adalah bisnis online,

Bisnis internet dengan cara online saat ini semakin menjamur. Hal tersebut karena semakin maju dan berkembangnya perangkat teknologi dan informasi.  Untuk memahami apa yang dimaksud dengan bisnis online, ikuti pembahasan mengenai pengertian dan keuntungan menjalankan bisnis online berikut ini :

Pengertian Bisnis Online

Yang dimaksud dengan bisnis online adalah kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan media dan jaringan di dunia internet. Karena menggunakan media internet, maka modal yang dibutuhkan lebih hemat karena tidak perlu menyewa tempat ata kios berjualan seperti halnya bisnis konvensional. Menjalankan bisnis online hanya memelukan perangkat komputer atau ponsel.

Perbedaan Bisnis Online dengan Konvensional

Bisnis online dengan konvensional tidak begitu banyak perbedaannya, masing-masing cara bisnis tersebut melibatkan pembeli, penjual dan barang dagangan. Yang membedakan keduanya adalah proses transaksinya dan pembayarannya.

Baca Juga:KUNCI SUKSES MENJALANKAN BISNIS DI DUNIA ONLINE BAGI PEMULA

Proses transaksi pada bisnis internet adalah tidak ada pertemuan antara penjual dan pembeli. Selain itu tidak perlu tempat transaksi untuk melakukan jual beli. Sedangkand dari segi pembayaran, pada bisnis konvensional pembayaran dilakukan pada saat itu juga. Berbeda dengan bisnis online, pembayaran dilakukan melalui rekening dan setelah ada pemesanan. Setelah pembayaran dilakukan baru kemudian barang dikirim.

Jangkauan Pasar Lebih Luas dan Waktu Tidak Terbatas

Kelebihan menjalankan bisnis menggunakan media internet adalah bisa menjangkau ke semua daerah di Indonesia, bahkan bisa sampai ke luar negeri. Artinya Anda bisa mendapatkan peluang mendapatkan banyak pembeli. Selain itu dari segi waktu, Anda bisa menjalankan bisnis kapan saja dan dimana saja. Asalkan perangkat yang digunakan terhubung dengan jaringan internet.

Untung Besar Dengan Modal Kecil

Bisnis menggunakan media intenet modalnya lebih kecil karena Anda tidak perlu menyewa tempat atau kios untuk memajang barang yang dijual.  Dengan internet, Anda hanya tinggal memotret barang yang akan dijual lalu diberi keterangan dan deskripsi barang.

Ada banyak jenis bisnis internet yang bisa Anda jalankan di rumah, misalnya jualan produk seperti: baju, sepatu, asesoris dsb atau jasa penulisan dan penerjemah, jualan e-book, jasa pembuatan website dan masih banyak jenis bisnis lainnya.

Menjalankan bisnis internet membuka peluang mendapatkan pundi-pundi rupiah. Sukses menjalankan bisnis tergantung bagaimana menjalankannya. Ada banyak kesempatan namun tidak dibarengi dengan belajar dan disiplin hasilnya tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan. Jadi yang penting adalah: membuka jaringan, disiplin, kreatif dan mencari tahu bagaimana cara menjalankan bisnis di internet.

Be Sociable, Share!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *