Ragam Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Menguntungkan

Berbicara mengenai bisnis, salah satu jenis yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia adalah bisnis kuliner. Usaha di bidang makanan memang memiliki banyak sekali keuntungan dibandingkan dengan bisnis yang lainnya. Makanan menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia sehingga sudah pasti laku, hanya saja menu yang disajikan juga harus sesuai dengan pasarannya. Dibandingkan dengan bisnis yang lainnya usaha yang satu ini juga bisa digeluti di mana saja, baik itu di pedesaan maupun kota besar.

Hanya saja menggeluti usaha kuliner juga harus diimbangi dengan keahlian dalam memasak, karena tanpa bekal yang satu ini sangat sulit mendapatkan pelanggan. Di Indonesia sendiri usaha kuliner jenisnya ada banyak sekali, mulai dari warung kaki lima, hingga rumah makan besar. Semuanya tentu menyesuaikan pada modal yang dimiliki. Ketika calon wirausaha sudah memiliki plan bisnis yang jelas, namun terhalang oleh keberadaan modal jangan khawatir, karena faktanya ada banyak sekali ragam bisnis kuliner yang bisa dimulai dengan modal kecil. Diantaranya adalah:

 Baca Juga:KENDALA DALAM MENJALANKAN BISNIS KULINER BAGI PARA PEBISNIS PEMULA

  1. Menjual gorengan, mulai dari weici, pisang goreng, tempe goreng maupun tahu goreng termasuk dalam cemilan favorit masyarakat, selain enak harganya juga murah meriah. Namun keuntungan yang didapatkan juga sangat tinggi. Kebanyakan diantara pelaku usaha yang memiliki modal kecil di bawah satu juta rupiah lebih senang menjalankan bisnis tersebut, karena targetnya menjangkau semua kalangan.
  2. Bisnis catering, agak berbeda dibandingkan dengan usaha warung makan, maka catering ini sendiri sistemnya adalah sudah ada pesanan terlebih dahulu, sehingga jelas lakunya dan terhindar dari kerugian. Modal yang harus dikeluarkan juga kecil atau ringan karena sudah dibantu dengan uang DP dari konsumen.
  3. Jualan street food, steet food adalah menu makanan yang biasanya dijual di pinggiran jalan, jenisnya juga bukan hanya sajian khas Indonesia saja, melainkan bisa mengadopsi menu makanan dari luar negeri seperti snack Jepang, Thailand atau gaya-gaya barat. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini juga kecil sekitar 5 jutaan rupiah.
  4. Jualan kue, ada banyak jenis kue yang bisa Anda buat untuk dijual, diantaranya adalah kue-kue basah yang bisa dititipkan di warung atau toko-toko setiap harinya, usaha yang satu ini tak membutuhkan toko atau tempat khusus, sehingga modal yang dikeluarkan juga jauh lebih terjangkau atau murah.

Usaha kuliner lainnya seperti membuka warung makan juga bisa Anda coba, namun jika memiliki modal cukup besar. Bisnis kuliner harus dijalankan dengan ulet, apalagi jika dimulai dari modal yang rendah. Tak menutup kemungkinan bagi siapa saja untuk bisa sukses dalam menggeluti usaha yang satu ini, pastikan juga sajian yang Anda jual tersebut nikmat, sehingga konsumen tak ragu untuk datang lagi.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *