Ragam Istilah Dalam Bisnis Dunia Online

aktivitasrutin-com-dunia-online

Semakin berkembangnya teknologi dan terbukanya akses internet diikuti semakin banyaknya toko-toko online di internet. Tidak dipungkiri dengan adanya internet semakin membuka peluang banyak hal salah satunya membuka bisnis dunia online.

Dengan semakin berkembangnya bisnis di dunia online membuat internet semakin banyak diakses oleh banyak orang dan kalangan. Lalu muncullah banyak istilah yang digunakan dalam dunia penjualan online. Berikut ini akan kami informasikan istilah  dalam bisnis online beserta penjelasannya:

  • Online Shopping

Online shiping atau belanja melalui internet adalah istilah yang merujuk pada pembelian barang atau jasa kepada penjual yang menawarkan barang dan jasanya melalui internet.

  • Online Store

Online store adalah toko online berupa situs atau website tempat para penjual memajang barang dagangannya. Tidak seperti toko konvensional. Barang yang dipajang berupa produk dan keterangan mengenai produk tersebut.

  • Seller dan Buyer

Seller dalam bahasa Indonesia artinya adalah penjual. Mereka adalah ouner atau pemilik toko online.  Sedangkan pembeli disebut Buyer. Selain buyer, pembeli sering disebut juga dengan customer.

  • Price Police

Price Police adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada perilaku membandingkan harga antara barang yang dijual di toko online yang satu dengan toko online yang lainnya.

  • Ready Stock

Yang dimaksud dengan ready stock adalah persediaan barang yang akan dijual

Baca juga: PENGERTIAN DN KEUNTUNGAN MENJALANKAN BISNIS INTERNET ATAU ONLINE

  • Pre Order

Pre order atau dikenal dengan singkatannya PO adalah sistem yang banyak digunakan oleh mereka yang menawarkan/ menjual barang custom atau barang impor.

  • Restock

Istilah restock berbeda dengan istilah ready stock. Restock artinya barang yang ditawarkan masih ada persediaannya.

  • COD

COD atau cash on delivery adalah pembayaran yang dilakukan jika barang sudah sampai kepada pembeli. Atau pembayaran dilakukan secara langsung antara pembeli dan penjual bertemu sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah disepakati.

  • Reject

Reject adalah istilah yang digunakan untuk barang yang kondisinya kurang bagus atau cacat.

  • Return atau Retur

Return atau retur adalah istilah yang digunakan jika barang dikembalikan oleh pembeli kepada penjual karena beberapa kondisi yang sudah disepakati. Misalnya: barang rusak, cacat dsb.

  • Booked

Booked adalah istilah untuk barang yang sudah dipesan namun belum dibayar.

Selain istilah-istilah yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa istilah bisnis online yang dikenal dengan singkatannya, seperti: PPC atau Pay Per Click adalah bisnis yang dibayar apabila ada iklan yang dipasang disitus diklik oleh pembaca.  Atau ada juga istilah lainnya seperti: Paid to Click (PTC), Pay Per Sale (PPS), Pay Per Lead (PPL).

Masih banyak istilah yang digunakan dalam bisnis di dunia online yang perlu Anda  ketahui, terutama bagi Anda yang senang belanja online. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *