Rahasia Utama Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner 2017

Menjadi sebuah pengusaha itu memang tidak mudah, apalagi saat harus menentukan bidang bisnis apa yang akan dijalani. Seperti yang diketahui trend bisnis juga berkembang sangat pesat, kalau salah saja memilih tentu akan berimbas pada kelangsungan bisnis. Salah satu bisnis yang dapat bertahan lama yaitu bisnis kuliner, seperti yang diketahui bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Secara otomatis usaha makanan bukanlah usaha yang musiman jadi lebih dapat bertahan lama. Mungkin manusia tanpa makanan tidak akan dapat melakukan semua kegiatannya, karena sumber energi yang dimiliki dari makanan yang dikonsumsi.

Saat ini bisnis bidang kuliner sudah merajalela didaerah manapun, sepertinya kedepan usaha makanan semakin menunjukkan pertandingan yang sangat ketat dari satu pelaku dengan pelaku lainnya. Jika Anda akan menjalankan bisnis jenis ini, berikut ini ada beberapa rahasia sukses menjalankan usaha kuliner yang harus Anda perhatikan antara lain:

  • Pengetahuan produk dan komponen pendukungnya.

Pertama kali yang perlu dipikirkan yaitu produk yang harus ditentukan terlebih dahulu, seperti yang diketahui makanan sekarang ini banyak sekali jenisnya dan sangat variasi. Secara tidak langsung itu memaksa Anda untuk menciptakan hal baru, selain itu juga harus mengetahui harga bahan-bahan yang digunakan untuk menciptakan produk tersebut.

  • Tetapkan peran Anda.

Sebagai pendiri sebuah bisnis kuliner jangan pernah membuat Anda menjalankan semua hal dengan sendiri atau double job. Hal itu akan membuat bisnis tidak akan jalan, untuk pertama kalinya bisa Anda mengatur sendiri. Tetapi setelah semua berjalan Anda harus memastikan posisi paten Anda dalam bisnis tersebut.

  • Penentuan lokasi yang tepat.

Mungkin ada beberapa bisnis makanan yang terletak pada tempat sulit dijangkau tetapi tetap saja ramai akan pengunjung. Tetapi sebagai pemain baru tentunya hal itu tidak cocok untuk Anda coba, karena Anda masih perlu pemasaran yang ekstra untuk memperkenalkan produk Anda.

  • Penentuan target.

Hal ini sangat berkaitan dengan produk yang Anda hasilkan, jadi Anda harus menentukan target yang dituju dari mulai anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua. Secara tidak langsung itu memudahkan Anda untuk menentukan cara promosi yang tepat. Karena dalam sebuah bisnis promosi tetap harus dilakukan apalagi itu merupakan usaha yang tergolong baru.

  • Gunakan teknologi.

Dijaman serba canggih seperti ini Anda harus menggunakan teknologi sebagai media pembantu promosi. Seperti yang diketahui sekarang ini hampir semua masyarakat dengan mudahnya menggunakan internet sebagai media untuk melakukan kegiatannya. Lebih lagi jangkauan internet yang lebih luas memungkinkan Anda dengan mudah memperkenalkan produk baru tersebut.

  • Manajemen keuangan.

Dari semua yang telah dilakukan point utama yang tidak bisa ditinggalkan yaitu cara memanajemen keuangan yang baik. Sebuah bisnis kuliner akan lebih dapat berjalan baik jika pengelolaan keuangannya juga baik.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *