Bruntusan di Dahi? Begini Cara Tepat untuk Menghilangkannya!

Bruntusan adalah kondisi saat jerawat kecil-kecil tak terduga muncul di wajah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Banyak faktor pemicu bruntusan pada wajah, beberapa  di antaranya adalah stress, kelenjar minyak yang terlalu aktif, bakteri di pori-pori kulit, faktor genetic, faktor hormonal, pengaruh produk atau model rambut, pemakaian helm atau topi hingga indikasi adanya masalah pencernaan. Salah satu bagian yang paling sering mengalami bruntusan adalah bagian dahi di wajah. Tidak seperti jerawat yang umumnya meradang dan menimbulkan rasa perih, bruntusan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Kemunculannya di bagian dahi yang merupakan bagian kulit wajah yang tak begitu sensitif membuat bruntusan yang timbul kadang telat disadari oleh pemiliknya. Akan tetapi bukan berarti Anda dapat membiarkannya, apabila mengalami bruntusan, Anda harus segera mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah tersebut. Berikut caranya!

  1. Memakai masker alami

Salah satu cara untuk menghilangkan bruntusan di dahi wajah adalah dengan menggunakan masker alami. Kandungan yang ada pada masker alami yang Anda gunakan minim akan risiko terjadinya iritasi pada wajah. Hal ini dikarenakan masker wajah yang berasal dari bahan-bahan alami tidak mengandung bahan kimia atau bahan pendukung lain yang berkemungkinan tidak cocok saat diaplikasikan pada wajah Anda.

Beberapa contoh bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi bruntusan adalah tomat dan lemon. Cara pemakaiannya adalah siapkan tomat atau lemon kemudian cuci bersih terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelahnya iris tipis tomat atau lemon tersebut lalu segera aplikasikan ke bruntusan di wajah.

Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Setelahnya, cuci wajah dengan pembersih muka dan Anda akan melihat bruntusan anda membaik segera.

  1. Melakukan pola hidup sehat

Bruntusan pada wajah terutama pada dahi dapat menjadi pertanda bahwa sedang terjadi permasalahan kesehatan dalam tubuh. Apabila saat munculnya bruntusan adalah saat Anda sedang stres, segera lakukan pengelolaan stres Anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan dan berolahraga secara teratur. Apabila penyebabnya adalah faktor hormonal atau terjadi masalah pencernaan, Anda harus lebih menjaga pola makan anda atau dapat segera berkonsultasi dengan dokter spesialis terkait.

  1. Menjaga kebersihan wajah

Salah satu penyebab terjadinya bruntusan adalah adanya bakteri di pori-pori kulit. Pada bagian dahi yang memiliki kulit tak terlalu sensitif, adanya bruntusan di dahi kadang tak disadari pemiliknya. Oleh karenanya, Anda harus selalu menjaga kebersihan wajah yakni dengan cara mencuci muka dua kali sehari, terutama saat telah selesai beraktivitas. Hal ini dikarenakan kulit yang kotor saat selesai beraktivitas apabila didiamkan akan membuat bakteri menutup pori-pori kulit. Bakteri yang menutup pori-pori kulit menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

  1. Menggunakan lapisan kain sebelum memakai helm atau topi

Bagi Anda yang dalam kesehariannya memakai helm atau topi, kebersihan kedua benda tersebut harus lebih anda perhatikan. Terutama pada pria, kedua hal tersebut biasanya menjadi penyebab terjadinya bruntusan di dahi. Selain menjaga kebersihan pada helm atau topi, anda juga disarankan untuk memakai lapisan kain yang nyaman sebelum memakai kedua benda tersebut. Hal ini untuk mencegah kontak langsung kulit wajah dengan bahan helm atau topi yang anda kenakan.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan bruntusan di wajah. Anda juga dapat melihat cara-cara menghilangkan bruntusan lainnya di sini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *