Cara Membedakan Berita Internet yang Asli dan Hoax  

Sekarang ini sudah semakin banyak beredar dengan luas dan juga cepatnya berita terbaru yang sedang terjadi dari seluruh wilayah yang ada di seluruh dunia dengan adanya internet. Informasi mengenai berita internet memang memberikan banyak sekali keuntungan dan juga kemudahan untuk orang-orang yang ingin mencari informasi dan juga berita mengenai kejadian yang ada dari setiap negara yang ada di dunia ini dengan cepat dan juga dengan mudah. Kemudahan informasi yang bisa di dapatkan melalui internet ini tentu saja akan sangat di manfaatkan oleh setiap orang yang ada di seluruh dunia, untuk mengikuti setiap perkembangan berita dan informasi dari seluruh mancanegara.

 

Keuntungan dan juga keunggulan yang bisa di nikmati melalui internet ini ternyata banyak dibuat oleh orang dan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan sendiri dengan cara membuat dan menyebarkan berita atau informasi palsu yang biasa disebut dengan kata hoax. Berita palsu atau hoax ini bisa dengan bebasnya beredar dan juga tersebar melalui internet dan dapat di akses atau juga dapat dibaca oleh semua orang yang menggunakan akses internet dari seluruh belahan dunia. Untuk itulah sebagai pengguna dunia maya atau juga internet, Anda harus bisa pintar di dalam memilih dan mempercayai sebuah berita yang ada di dalam internet.

 

Untuk Anda yang memang masih awam dengan berita palsu atau hoax yang sudah sering banyak muncul di internet, ada baiknya jika Anda mengetahui cara untuk membedakan berita mana yang asli dan mana berita yang palsu. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui perbedaan antara berita internet yang asli dan juga berita yang palsu atau hoax, antara lain sebagai berikut ini:

 

  • Sebelum membaca berita atau informasi di internet, pastikan bahwa berita tersebut berasal dari situs internet yang terpercaya. Sehingga peluang untuk berita hoax tidak bisa terjadi.
  • Jika ada berita di internet yang memuat informasi mengenai peristiwa yang cukup besar dari orang yang besar juga, ada baiknya jika Anda lebih mempercayai berita tersebut yang menampilkan video mengenai peristiwa tersebut, yang bisa dipertanggungjawabkan karena adanya bukti secara visual yang bergerak.
  • Berita di internet yang bisa Anda percaya adalah dengan adanya sumber langsung yang memberikan keterangan mengenai berita tersebut, sehingga bisa di percaya mengenai keaslian dari berita tersebut.

 

Sebagai seorang pengguna internet, ada baiknya jika Anda bisa lebih bijak di dalam membaca dan mendapatkan informasi yang berasal dari internet. Jangan Anda langsung percaya dengan setiap berita internet yang Anda baca tanpa mengetahui sumber berita yang jelas dan juga tanpa adanya nara sumber atau saksi yang bisa memperkuat berita tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *