Kiat Mendapat Buku Psikologi Mahal Menjadi Murah

Dilema uang kuliah terbatas? berikut kiat mendapatkan buku psikologi mahal menjadi murah!

Bagi mahasiswa jurusan psikologi terkadang sedikit berat untuk memenuhi kebutuhan buku psikologi yang boleh dibilang cukup mahal. Beberapa jurusan perkuliahan memang menuntut mahasiswanya untuk memiliki atau sudah membaca buku pegangan yang mahal. Tentu tidak semua mahasiswa mampu membelinya sebab mendapatkan uang terbatas untuk keperluan kegiatan belajar semasa kuliah dari orangtua. Maka memerlukan beberapa ide kreatif memenuhi buku mahal tersebut dengan biaya lebih terbatas.

Bagi siapa saja yang juga masih menuntut ilmu psikologi dan merasa berat berbelanja buku yang berhubungan dengan jurusan tersebut.

Berikut beberapa alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk menghemat biaya kepemilikan buku pegangan khusus:

1. Mengcopy buku dari teman,

Salah satu pilihan termudah untuk menghemat biaya kepemilikan buku pegangan kuliah psikologi adalah mengcopy buku aslinya. Cara ini memang bisa diambil jikalau tidak diwajibkan memiliki buka asli sebagai pegangan dari dosen pengampu. Bisa meminjam buku asli dari teman atau buku dari perpustakaan untuk dicopy semua halamannya.

2. Membeli buku bekas,

Jika merasa menduplikat buku asli yang mahal terasa hemat sedikit dan perlu lebih menghemat lagi, bisa memilih jalur lain. Salah satunya membeli buku bekas, memang sedikit sekali pemilik yang melepaskan harga bukunya dengan murah. Namun jika kondisi buku sudah tidak semulus baru ada kemungkinan dilepas dengan harga cukup miring. Usahakan memperhatikan cacat yang masih bisa ditoleransi, misal sobek sedikit, berlubang sedikit di halaman awal atau akhir. Intinya bagian inti masih bisa diserap isinya dengan mudah.

Penjual buku psikologi bekas bisa ditemukan dengan mudah, baik secara offline di pasar loakan atau khusus loakan buku kuliah. Bisa pula ditemukan secara online yang jauh lebih mudah untuk mendapatkan buku jenis satu ini. Supaya lebih hemat pastikan dulu bahwa penjual online berada di lokasi yang tidak terlalu jauh supaya tidak boros di biaya pengiriman. Semakin dekat lokasinya semakin hemat, atau jika satu kota diajak COD.

3. Barter dengan buku lain,

Beberapa penjual buku jenis psikologi juga melayani sistem pembelian secara barter, artinya bukan buku baru atau masih segel. Melainkan buku tersebut sudah bekas sehingga masih bisa di barter atau ditukar dengan buku lain. Penjual buku bekas online biasanya membuka layanan tukar barang seperti ini sehingga perlu dicari. Konsultasikan dahulu dengan pihak penjual yang memiliki buku sesuai dengan kebutuhan apakah bisa diajak barter atau tidak.

Membeli dengan sistem barter memang menjadi pilihan lebih hemat dibandingkan dengan alternatif lain diatas. Sebab dengan sistem barter Kita tidak perlu lagi keluar uang cukup ditukar dengan buku lama yang memang sudah habis dibaca. Atau koleksi buku yang sudah tidak terpakai, kadang tidak harus buku dengan jenis sama, misal psikologi dengan novel, dan lain sebagainya. Meski terdengar mudah, memang boleh dibilang mencari penjual buku bekas secara barter lumayan jarang. Meski begitu, istilah jarang bukan berarti tidak ada sama sekali bukan?

4. Meminjam saja,

Bagi yang memiliki ingatan fotografi, artinya cukup membaca sekilas atau sekali sudah paham dan hafal apa isi buku tersebut. Maka sangat menguntungkan bagi mahasiswa dengan keuangan terbatas supaya tidak harus membeli buku pegangan kuliah psikologinya. Bisa sekedar meminjam saja baik di perpustakaan kampus atau meminjam buku teman sekelas saja. Pilihan meminjam buku psikologi ini memang tidak membutuhkan banyak uang, namun diwajibkan bagi mereka yang memiliki ingatan fotografi saja.

Be Sociable, Share!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *