Cara Ampuh Atasi Kecanduan Bermain Medsos Saat Blogging

Membangun sebuah blog bukanlah perkara mudah, perlu kosentrasi yang tinggi supaya hasil tulisan berkualitas dan bermanfaat untuk orang lain. Gangguna ketika menulis konten bisa datang dari mana saja, salah satunya adalah godaan untuk bermain medsos (media sosial). Godaan ini memang sulit untuk dilawan, karena memang dunia maya itu jauh lebih asik dari pada dunia nyata. Media sosial ini memang asik, namun juga dapat mengacaukan segala rencana blogging kita jika kita tidak bisa mengendalikannya. Mengatasi gangguan ini menjadi hal yang penting dan perlu dilakukan agar tujuan blogging pun menjadi sukses. Lalu bagaimana cara ampuh melawan candu ini?

Cara Ampuh Atasi Kecanduan Bermain Medsos Saat Blogging

Matikan Jaringan Internet

Tips yang satu ini cukup efektif untuk menghindari ketagihan bermain medsos. Tinggal bagaimana Anda menahan keinginan dan hasrat untuk menyalakan internet kembali. Jaringan internet yang sudah dinonaktifkan ini memang menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa menahan diri untuk berselancar di dunia maya.

Tentukan Deadine atau Target

Anda harus mulai untuk menentukan target Anda per hari ataupun per jam. Dengan begitu, keinginan Anda untuk mengejar deadline pun akan menutupi keinginan untuk bermain medsos. Aktivitas seperti bermain facebook, twitter, path, dan instagram memang menjadi aktivitas yang dekat dengan para blogger. Namun, jangan sampai produktivitas Anda terganggu. Suatu saat jika Anda tidak bisa mencapai target hanya karena aktivitas media sosial, rasa tidak puas akan mendera, sehingga hal ini bisa menjadi pembelajaran yang berarti.

Tentukan dan Selalu Ingat Tujuan Anda

Setiap orang memiliki tujuan tersendiri dalam membangun sebuah blog. Akan tetapi sebenarnya mayoritas para pembuat blog adalah ingin sukses dalam menekuninya. Tujuan inilah yang harus senantiasa Anda ingat. Ketika Anda mulai terlena dengan media sosial, ingatkan diri Anda untuk tetap fokus dan tidak tergoda. Mungkin, awalnya hal ini cukup menyiksa dan sangat membebani mental Anda, namun, lama kelamaan jika sudah terbiasa, Anda akan menjadi seorang blogger yang professional seperti impian Anda.

Menjauhkan Perangkat Smartphone

Kebiasaan untuk bermain medsos memang sulit diatasi. Untuk mengantisipiasinya, sebaiknya jauhkan diri dari perangkat smartphone dan perangkat lainnya yang mendorong Anda untuk bermain media sosial. Sebab, smartphone memiliki aplikasi media sosial yang bisa memungkinkan Anda untuk memainkannya. Nah, dengan menjauhkannya, Anda bisa leluasa berkonsentrasi menulis konten untuk kebutuhan blog Anda yang krusial,

Memberi Jam Khusus untuk Bermain Internet

Jika dirasa Anda masih susah mengatasi kecanduan pada media sosial, sebaiknya mulailah untuk membuat jadwal. Di dalam jadwal ini berisi waktu dan jam-jam tertentu dimana Anda bisa sepuasnya bermain medsos. Usahakan untuk seimbang atau tidak berlebihan. Bisa di waktu senggang atau sore hari dimana Anda ingin berelaksasi.  Hal ini juga melatih kedisiplinan Anda dalam memenuhi jadwal yang Anda buat sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *