Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan

Sebagai karyawan, Anda seyogyanya mempersiapkan diri dengan asuransi kesehatan. Mengapa? Yang pertama adalah masalah biaya pengobatan yang semakin meningkat. Kedua, asuransi akan memberikan jaminan keamanan finansial saat Anda sakit atau mengalami kecelakaan. Biaya pengobatan pun ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketetapan yang telah disepakati. Nah, dari banyaknya produk asuransi yang beredar sekarang ini, mana yang harus Anda pilih? Berikut adalah cara cerdas untuk memilih produk asuransi yang tepat untuk Anda.

Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan

Membandingkan Setiap Produk Asuransi

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membandingkan produk asuransi dari setiap perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa berkonsultasi kepada sanak saudara yang pernah membeli asuransi sebagai bahan pertimbangan.

Kenali Kebutuhan

Dalam menentukan asuransi kesehatan yang akan dipilih nantinya, Anda perlu mengenali kebutuhan Anda. Hal ini bisa terlihat dari pelayanan setiap perusahaan asuransi dari rekam jejak medis, layanan dan perlindungan yang dibutuhkan saat ini, dan juga untuk kebutuhan yang akan datang. Bila Anda sudah tahu apa yang dibutuhkan, akan lebih mudah saat memilih produk asuransi. Tidak ada salahnya mencari informasi dari keluarga sebagai referensi.

Cari Tahu Rekam Jejak Perusahaan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari rekam jejak perusahaan. Dapatkan informasi baik buruknya perusahaan melalui orang yang pernah atau masih menjadi klien atau melalui media seperti website dan sosial media di setiap perusahaan. Lihatlah dengan teliti semua informasi perusahaan mulai dari usia perusahaan pelayanan yang diberikan, tenaga ahli yang dimiliki, hingga laporan keuangan perusahaan tersebut. Hal ini untuk menghindari risiko perusahaan tidak bisa memenuhi kewajibannya. Jika perlu cetak retensi di masing-masing perusahaan asuransi. Apabila perusahan melakukan reasuransi, artinya perusahaan tersebut sudah tidak berjalan lagi.

Pahami Sistem Klaim

Setiap perusahaan biasanya memiliki 3 sistem klaim. Bisa berupa cashless, reimbursement, ataupun santunan. Sistem cashless adalah sistem membayar perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan yang hanya dengan menunjukan kartu asuransi kepada pihak rumah sakit. Yang kedua, reimbursement. Sistem ini merupakan sistem asuransi klaim dengan membayar perawatan dengan menanggung biaya medis dari uang pribadi dahulu, kemudian biaya tersebut ditagihkan kepada pihak perusahaan. Yang ketiga, santunan. Sistem santunan ini adalah sistem pembayaran dengan santunan harian selama klien dirawat di rumah sakit. Besaran santunan ini biasanya telah disepakati dalam polis Anda dengan perusahaan asuransi.

Mitra Rumah Sakit

Anda juga perlu mencari tahu informasi rumah sakit yang bermitra dengan perusahaan asuransi Anda. Sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi yang bermitra dengan rumah sakit dalam maupun luar negeri yang memiliki kredibilitas baik. Namun, meskipun suatu perusahaan mengaku bermitra dengan rumah sakit bagus, Anda tidak boleh langsung mempercayainya. Anda harus memperhatikan hal-hal lain seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal ini untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan perusahaan asuransi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *