Cara Diet Salah yang Masih Membudaya

Semakin berkembangnya zaman, kini kita sudah banyak menemui berbagai tindakan diet. Mulai dari diet yang baik sesuai dengan tipe golongan darah seperti diet golongan darah AB, diet aman tanpa efek samping, hingga diet ketat dengan membatasi asupan makanan setiap harinya. Dari sekian cara tersebut, ada beberapa orang yang melakukan cara diet berbahaya atau salah. Berikut macam-macam diet salah yang harus Anda hindari.

Cara Diet Salah yang Masih Membudaya

Olahraga dengan perut kosong

Beberapa orang mendapatkan saran untuk membakar kalori dalam keadaan perut kosong demi menurunkan berat badan secara efektif. Namun, ternyata hal tersebut adalah salah dan malah merugikan badan Anda. Perpaduan perut kosong dengan membakar kalori justru akan menyebabkan berkurangnya volume otot. Beberapa pendapat yang menyarankan untuk mengisi energi sebelum membakar kalori dengan cairan atau minuman isotonik juga merupakan hal yang salah. Meski membuat otot menjadi lebih kuat, namun berbahaya bagi kesehatan dalam tubuh Anda.

Tidak Sarapan

Demi menurunkan berat badan, banyak orang yang sengaja melewatkan waktu sarapan untuk mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh. Namun, hal tersebut tidak berpengaruh pada turunnya berat badan. Sarapan sangat baik untuk kesehatan dan ketahanan tubuh dalam sehari. Hal yang membuat cara diet Anda efektif justru dari pola makan yang teratur yang dilakukan di jam yang sama setiap harinya.

“Cheat day” saat weekend

Anda mungkin pernah mendengar istilah “weekend itu waktunya libur diet”. Jadi setelah lima hari berturut-turut melakukan diet, pada saat weekend kita bisa memakan apa saja tanpa ada batasan. Juga sering malas-malasan dengan banyak tidur. Saran yang terbaik agar diet Anda efektif adalah menghindari cara ini. Anda tetap bisa makan enak yang berkalori namun tetap membatasi porsinya.

Cara diet dengan tidak makan lemak

Seorang ahli gizi asal Washington, Tricia Psota, RD menegaskan bahwa tidak semua jenis lemak dapat membuat Anda gemuk. Lemak-lemak ini adalah yang berasal dari kacang-kacangan, salmon, dan alpukat. Lemak ini justru bermanfaat melindungi kesehatan jantung Anda. Sebaliknya, lemak-lemak yang ditemui pada keripik kentang, cookies, dan makanan berminyaklah yang meningkatkan risiko menambah berat badan.

Konsumsi buah dan sayuran dalam bentuk jus

Sebagai contoh, gizi pada jeruk berpusat pada bulirnya, jika Anda mengolah jeruk menjadi jus, Anda menghancurkan (membuang) bulirnya. Hal ini membuat Anda kehilangan manfaat buah yang berfungsi membantu sistem pencernaan. Anda pasti tahu bahwa lancarnya sistem pencernaan dapat membantu menurunkan berat badan,

Selain cara-cara di atas, masih banyak cara diet salah yang justru tidak memberikan efektivitas diet Anda. Salah satunya yang menggunakan ramuan ajaib yang memanfaatkan jamu sebagai menu utama. Jamu sendiri sebenarnya dapat membantu melangsingkan tubuh dengan membantu proses pencernaan. Namun jika tindakan ini disertai dengan pengkonsumsian kalori yang terlalu berlebihan, makan efeknya tidak akan bekerja dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *