Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Cetakan

Kamu pastinya tahu dong apa itu kue lumpur? Itu loh, penganan ringan yang enak dan lezat dengan hiasan kismis di atasnya. Cara membuat kue lumpur juga tidak sulit, kok. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kue ini hanya santan, kentang, tepung terigu, dan pastinya telur.

Aroma harum yang dihasilkan dari kue ini berasal dari vanila yang ditambahkan pada adonan kue. Hal ini bertujuan agar aroma kue lumpur terasa nikmat sehingga membuat kita ingin sekali memakannya.

Agar tampilannya lebih menarik, orang-orang biasanya memberi hiasan kismis atau irisan kelapa muda di atasnya. Akan tetapi, saat ini, orang-orang semakin kreatif dengan memberikan topping berupa meses atau keju di permukaan kue lumpur.

Tidak hanya itu saja, tetapi kue lumpur yang aslinya berwarna kuning atau putih adonan disulap menjadi beberapa warna seperti pelangi. Ada yang mencoba membuat kue lumpur berwarna hijau dengan ekstrak daun panda serta ada pula yang berwarna merah dan cokelat dengan menggunakan pasta makanan. Bahkan, ada juga yang mencoba membuat kue lumpur berwarna ungu dengan ekstrak talas.

Untuk membuat kue lumpur terbilang cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan di warung dekat rumah kita. Dengan begitu, kamu bisa mencoba membuat kue ini kapan saja.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan yaitu cetakan kue lumpur. Pada umumnya, akan lebih memudahkan dalam membuat jenis kue yang satu ini jika kamu memiliki cetakan khusus untuk kue ini.

Tetapi jangan khawatir! Kamu tetap bisa membuat kue lumpur kok, meskipun kamu tidak memiliki cetakannya. Caranya, kamu bisa mencetaknya dengan teflon saja. Namun, ukurannya perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu besar. Cobalah buat kue lumpur yang berukuran mini.

Agar kamu tidak penasaran, berikut ini akan dijelaskan apa saja bahan dan bagaimana cara mudah membuat kue lumpur mini hanya dengan menggunakan teflon. Yuk, kita simak!

Bahan-Bahan Kue Lumpur Mini:

  • 600 ml santan
  • 500 gram kentang, direbus, kemudian haluskan
  • 250 gram terigu (diayak)
  • 250 gram gula pasir
  • 125 ml margarin (cairkan)
  • 3 butir telur
  • ½ sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
  • Kismis (secukupnya atau sesuai keinginan)
  • Air secukupnya

Bahan Topping:

  • 150 ml santan instan
  • 1 sdt terigu
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Cetakan:

  1. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan santan. Lalu, aduk rata dan sisihkan.
  2. Kemudian, kocok gula dan telur menggunkan mixer hingga mengembang. Tetapi ingat, jangan sampai kaku.
  3. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus aduk adonan dengan spatula.
  4. Lalu, tambahkan vanila dan garam secukupnya.
  5. Berikutnya, masukkan margarin yang sudah dicairkan.
  6. Jika sudah, tuang adonan kentang yang tadi disisihkan ke dalam adonan tepung secara bertahap, sedikit demi sedikit. Lalu, aduk rata.
  7. Ketika adonan sudah jadi, panaskan teflon yang sudah dioleskan tipis dengan margarin.
  8. Apabila sudah panas, tuang adonan sedikit sesuai ukuran kue lumpur yang ingin dibuat. Kemudian, tutup dengan tutup panci sampai setengah matang.
  9. Buka tutup panci saat adonan setengah matang. Lalu, beri topping kismis di atasnya. Terakhir, masak lagi hingga kue benar-benar matang.
  10. Jika kue lumpur sudah matang, angkat dan hidangkan di atas piring.

Begitulah kira-kira cara membuat kue lumpur mini tanpa menggunakan cetakan. Hanya dalam waktu 60 menit, kamu sudah bisa membuat penganan asal Jawa Barat ini. Kue lumpur juga akan lebih enak jika dijadikan camilan sore hari yang dihidangkan bersama teh atau kopi panas.

Bagaimana, tertarik membuatnya di rumah kan? Selamat mencoba!

 

Sumber gambar: cookpad.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *